top of page

Pemkab Katingan Gelar Rapim Tepra dan Rakordal



KALTENG NETWORK, KASONGAN - Pemerintah Kabupaten Katingan menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Dan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan Triwulan II Tahun 2024.


Kegiatan dilaksanakan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) berkerjasama dengan Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Katingan, di Aula Lantai II Bappedalitbang setempat, Senin (15/7/2024).


Kegiatan Rapim Tepra dan Rakordal ini dilaksanakan dalam rangka efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan.


Kegiatan ini diharapkan menggambarkan sejauh mana capaian kinerja Perangkat Daerah dalam pelaksanaan program maupun kegiatan, yang bersumber dari APBD Kabupaten Katingan meliputi pendapatan dan belanja dari berbagai sumber dana.


Seperti, Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH) baik itu DBH-DR, DBH-Sawit dan DBH-Cukai Tembakau serta Dana Transfer.


"Kegiatan ini sejauh mana upaya kita dalam mewujudkan konsistensi antara perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program serta kegiatan pembangunan yang telah pada semester 1," jelas Sekda Katingan, Pransang saat memberi arahan pada kegiatan pembukaan rapat.


Dikatakan, Rapim Tepra dan Rakordal merupakan kegiatan rutin yang telah sering dilaksanakan. Oleh karena itu pelaksanaannya sebagai momentum yang baik bagi seluruh perangkat daerah dan kecamatan agar mencermati capaian kinerja. Itu sebagai bahan evaluasi atas pelaksanaan program dan kegiatan yang telah dilaksanakan.


"Rapat ini juga untuk mengawal proses perencanaan prioritas pemerintah Kabupaten Katingan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Katingan Tahun 2024 – 2026," sebut Pransang.


Ditekankan, beberapa hal yang ditekankan dalam Rapim Tepra dan Rakordal Triwulan II diantaranya yaitu memperhatikan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD), mencari dan menggali sumber-sumber pendapatan Daerah.


Kemudian, lanjut Pransang, menyampaikan laporan realisasi dan kendala yang dihadapi agar didapatkan pemecahan masalahnya. Selain itu, pengguna anggaran agar memastikan program dan kegiatan berjalan dengan baik secara kualitas dan kuantitas.


"Perangkat daerah dan kecamatan agar segera memacu pelaksanaan Pembangunan Tahun 2024 khususnya yang bersifat fisik agar tidak terkendala cuaca. Selain itu harus bersama-sama menjaga stabilitas harga-harga bahan kebutuhan pokok dalam penanganan Inflasi," demikian Pransang.



Foto : Pemerintah Kabupaten Katingan menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) Tim Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (Tepra) Dan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan Triwulan II Tahun 2024.

コメント


bottom of page