top of page

Pemprov Kalteng Gelar GSI 2024, Cetak Generasi Sepakbola Berkarakter dan Berprestasi


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng), melalui Dinas Pendidikan (Disdik), mengadakan Gala Siswa Indonesia (GSI) jenjang SMP tingkat provinsi Kalimantan Tengah tahun 2024. Acara ini berlangsung di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, dari tanggal 16 hingga 20 Juli 2024, dan dibuka secara resmi pada Rabu (17/7/2024).


Ketua Panitia, Apip Purnomo, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tahap seleksi lanjutan dari tingkat Kabupaten/Kota. GSI tahun ini dipelopori oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia dan PSSI dengan tema "Merdeka Berprestasi, Talenta Sepakbola Menginspirasi". Seleksi dimulai dari tingkat Kecamatan, berlanjut ke Kabupaten/Kota, Provinsi, dan akhirnya tingkat Nasional. Apip menambahkan, seleksi GSI tingkat Provinsi diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah selama lima hari di Stadion Tuah Pahoe, dengan pendanaan yang bersumber dari APBD Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota tahun 2024.


Kegiatan ini diikuti oleh enam kontingen Kabupaten dan satu Kota, yaitu Kabupaten Kapuas, Kotawaringin Timur, Seruyan, Sukamara, Barito Selatan, Barito Utara, dan Kota Palangka Raya. Dari ajang ini, akan dipilih tiga juara dan satu juara harapan. Sebanyak 70% pemain dari tim Juara 1 dan 30% dari tim lainnya akan mewakili Kalimantan Tengah di ajang GSI Tingkat Nasional pada Oktober 2024.


Plt. Kadisdik Kalteng, Muhammad Reza Prabowo, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Plt. Sekdis Safrudin, menyampaikan rasa syukur dan apresiasi terhadap dukungan pemerintah pusat dan daerah dalam pengembangan minat dan bakat siswa, khususnya di bidang olahraga. "Penyelenggaraan kompetisi seperti GSI selalu dilaksanakan secara sistematis dan terarah, menjadi wadah bagi peserta didik untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat dalam sepak bola," ujarnya.


Ditekankan pula bahwa GSI tidak hanya tentang memenangkan pertandingan, tetapi juga tentang pembentukan karakter dan kepribadian siswa dengan kerja keras, disiplin, kerja sama tim, tanggung jawab, serta memiliki jiwa sportifitas.


Ia juga menginspirasi siswa dengan contoh pemain sepak bola terkenal seperti Cristiano Ronaldo dan Messi. "Kita harus melihat dan mau meniru proses yang mereka jalani, kedisiplinan, latihan keras, tekad yang bulat, dan tujuan yang jelas adalah kunci dalam mencapai kesuksesan. Ingatlah bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses," tambahnya.


"Dengan demikian, GSI Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat menjadi ajang yang tidak hanya mengasah keterampilan sepak bola siswa, tetapi juga membentuk karakter mereka untuk menjadi pribadi yang tangguh dan berintegritas," pungkasnya. -red



Foto: mmc.kalteng

댓글


bottom of page