top of page

Pemprov Kalteng Komitmen Perkuat Peran Lembaga Keagamaan


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Ahmad Pahruka, mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Kelembagaan Bina Spiritual Tahun 2024. Acara yang diselenggarakan oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalimantan Tengah ini berlangsung di Ballroom Hotel Luwansa, Palangka Raya, pada Selasa (9/7/2024).


Dalam sambutannya, Ahmad Pahruka menekankan pentingnya pembinaan dan pengembangan lembaga agama dan keagamaan sebagai langkah konkret untuk memperkuat dan mengembangkan peran serta eksistensi lembaga tersebut dalam membangun umat. "Untuk membangun umat, diperlukan sinergi antara pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan, termasuk lembaga agama dan keagamaan," ujarnya.


Ia menambahkan, sinergi ini dapat diwujudkan melalui sosialisasi regulasi tentang Tanda Daftar Lembaga Keagamaan dan Rumah Ibadah serta Kebijakan Pengelolaan Dana Hibah Provinsi Kalimantan Tengah.


Pahruka juga menyebutkan, upaya meningkatkan kualitas organisasi dilakukan dengan meningkatkan pemahaman beragama, kualitas kerukunan beragama, serta fasilitas sarana dan prasarana keagamaan dan pendidikan keagamaan. Selain itu, peningkatan pemahaman pengurus lembaga/organisasi tentang peraturan dan regulasi penting agar pedoman dan pendaftaran organisasi kegiatan dapat dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku.


Menurutnya, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan administrasi manajemen organisasi keagamaan. Selain itu, kegiatan ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi aktif Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota dan Lembaga Keagamaan dalam pembangunan moral dan spiritual untuk mencapai keadilan, kemakmuran, kesejahteraan masyarakat, serta daerah dan negara. "Hal ini membawa dampak positif bagi masyarakat Kalimantan Tengah untuk semakin cerdas dan berakhlak guna mewujudkan Kalteng BERKAH (Bermartabat, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis) dalam keberagaman," tegasnya.


Sementara itu, Kepala Bagian Sarana dan Prasarana Spiritual Eka Dyan Satya Hadi melaporkan bahwa tema kegiatan sosialisasi ini adalah "Penguatan Sinergisitas antara Pemerintah dan Lembaga Keagamaan." Kegiatan ini diikuti oleh Kesra Kabupaten/Kota se-Kalimantan Tengah dan lembaga keagamaan atau organisasi masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah dengan total peserta sebanyak 80 orang. Narasumber dalam kegiatan ini berasal dari Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah dan Biro Kesra Setda Provinsi Kalimantan Tengah. -red



Foto : mmc.kalteng

Comments

Couldn’t Load Comments
It looks like there was a technical problem. Try reconnecting or refreshing the page.
bottom of page