top of page

Pemprov Kalteng Perkuat Promosi Investasi, Data Potensi Daerah Diperbarui


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Setda Provinsi Kalimantan Tengah, Sri Widanarni, membuka acara Sosialisasi dan Pelatihan Potensi Investasi Regional (PIR) serta Rapat Akhir Penyediaan Peta Potensi di Aquarius Boutique Hotel Palangka Raya pada Rabu (7/8/2024).


Membacakan sambutan tertulis dari Sekretaris Daerah, Sri Widanarni menyatakan bahwa investasi adalah salah satu instrumen penting dalam meningkatkan perekonomian wilayah. Oleh karena itu, selain perencanaan investasi yang baik, diperlukan juga promosi dan penyajian data terbaru mengenai karakteristik daerah, potensi investasi, dan data pendukung lainnya.


"Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian Investasi/BKPM RI telah menyediakan sistem informasi berbasis geospasial untuk potensi dan peluang investasi di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota di Indonesia. Sistem Informasi Potensi Investasi Regional (PIR) ini memuat informasi profil daerah seperti data demografi, komoditas, pendapatan, Upah Minimum Regional (UMR), dan infrastruktur pendukung," ujarnya.


Melalui kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan PIR ini, Sri Widanarni mengajak untuk memperkuat komunikasi, koordinasi, dan penyediaan data serta informasi. Ia berharap agar kendala dalam pemutakhiran PIR dapat diminimalisir sehingga pekerjaan berjalan lancar dan memberikan manfaat optimal dalam menarik investasi di Provinsi Kalteng, khususnya di daerah Kabupaten/Kota.


"Semoga kegiatan ini terlaksana dengan baik dan lancar, serta mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan investasi, mendukung kemajuan pembangunan daerah, dan kesejahteraan masyarakat di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah," tambahnya.


Sementara itu, Kepala Bidang Promosi Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Kalteng, Eka Mulyaningrum, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi dan pelatihan PIR ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai PIR kepada pejabat teknis pengembangan potensi daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk melatih calon admin dan operator PIR agar mereka mampu memperbarui data potensi dan peluang investasi daerah secara mandiri.


"Tujuan dari penyelenggaraan Rapat Akhir Penyediaan Peta Potensi dan Peluang Usaha Provinsi Tahun Anggaran 2024 adalah untuk menyampaikan kemajuan pekerjaan yang telah dilakukan oleh Tenaga Ahli Pihak Ketiga, termasuk hasil, hambatan, dan tantangan yang dihadapi. Kami juga menggali data guna menyempurnakan dan memantapkan Penyediaan Peta Potensi dan Peluang Usaha Provinsi agar output yang dihasilkan maksimal," tutupnya.


Acara ini juga dihadiri oleh Direktur Pengembangan Potensi Daerah Kementerian Investasi/BKPM RI Suhartono, Kepala Perangkat Daerah di Lingkup Provinsi Kalteng, serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten/Kota se-Kalteng. -red



Foto: mmc.kalteng

Comments


bottom of page