top of page

Peran Generasi Muda dalam Memperkuat Identitas Bangsa Melalui Bela Negara


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah mengadakan acara Sosialisasi Peningkatan Kesadaran Bela Negara Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024 di Hotel Best Western Batang Garing Palangka Raya pada hari Senin (4/3/2024). Acara ini mengusung tema "Generasi Muda Sebagai Agen Perubahan dalam Membangun dan Memperkuat Identitas Bangsa Indonesia melalui Nilai-Nilai Bela Negara".


Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, H. Nuryakin, secara resmi membuka acara sosialisasi tersebut. Dalam sambutannya, H. Nuryakin menyampaikan pentingnya bela negara sebagai tanggung jawab bersama untuk melindungi, mempertahankan, dan memperkuat kedaulatan serta integritas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Beliau menjelaskan bahwa selesainya pemilihan umum menandai keterpilihan rakyat dalam menentukan pemimpin dan arah pembangunan negara. Namun, bela negara tetap menjadi tanggung jawab seluruh elemen masyarakat setelah pemilihan umum selesai. Pemilihan umum yang damai dan demokratis mencerminkan kekuatan bangsa yang memperkuat kedaulatan dan stabilitas negara.


Selain itu, bela negara juga mencakup aspek lain seperti kepedulian terhadap lingkungan, menghargai keberagaman, dan kesiapan menghadapi ancaman dari dalam dan luar negeri. Hal ini sangat penting dalam mencapai visi Indonesia Maju 2045.


Dalam kesempatan tersebut, H. Nuryakin mengajak semua elemen masyarakat, khususnya generasi muda, untuk membangun kebersamaan dan kesatuan dalam menghadapi tantangan ke depan. Kemajemukan bangsa bukanlah penghalang untuk semangat Bela Negara, melainkan akan memperkuat cinta kita pada Bangsa dan Negara.


Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah, Katma F. Dirun, menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan secara rutin untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan bela negara. Tujuannya adalah memberikan pemahaman tentang nilai-nilai bela negara kepada peserta dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


Acara sosialisasi ini merupakan langkah yang baik dalam meningkatkan kesadaran bela negara di kalangan masyarakat, khususnya generasi muda. Melalui pemahaman nilai-nilai bela negara, diharapkan dapat tercipta kesatuan dan semangat kebangsaan yang kuat untuk menghadapi tantangan masa depan.


Acara ini dihadiri oleh narasumber dari berbagai instansi yang akan menyampaikan materi tentang prestasi tanpa narkoba, membangun karakter sejak usia dini, dan Bela Negara dalam perspektif lingkungan. Hadir juga para pejabat administrator di lingkungan Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah dan peserta sosialisasi lainnya. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page