top of page

Pers Jadi Jembatan Komunikasi Pemerintah dan Masyarakat, Wagub Kalteng Ingatkan Peran Penting Wartawan


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H. Edy Pratowo, membuka Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke-21 yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah di Hotel Luwansa, Palangka Raya, pada Selasa (28/5/2024).


Dalam sambutannya yang mewakili Gubernur, Wagub menyatakan bahwa di era keterbukaan informasi dan pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini, UKW menjadi sangat penting bagi insan pers di Indonesia.


"Uji Kompetensi Wartawan (UKW) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme wartawan, di mana dalam pelaksanaannya, para wartawan akan diuji pengetahuan dan keterampilannya di bidang jurnalistik," ujarnya.


Wagub berharap melalui sertifikasi UKW ini, akan lahir wartawan-wartawan yang bekerja secara profesional dan bertanggung jawab, mampu membedakan antara fakta dan opini, serta selalu mematuhi kode etik jurnalistik.


"Kemampuan yang mumpuni dari rekan-rekan pers akan menjadi kunci untuk menciptakan media yang kredibel dan terpercaya, yang mampu menyajikan pemberitaan yang berkualitas, objektif, dan berimbang bagi masyarakat," tambahnya.


Menurut Wagub, UKW sangat penting karena pers menjadi jembatan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat. Pers tidak hanya membantu pemerintah dalam menyampaikan berbagai informasi penting seperti program kebijakan dan kemajuan pembangunan, tetapi juga memberikan kritik dan saran yang membangun bagi Pemerintah Daerah.


"Tidak lama lagi kita akan menghadapi Pilkada Serentak. Saya berharap rekan-rekan pers dapat kembali berperan dalam menyukseskan Pesta Demokrasi ini, dengan mendorong partisipasi masyarakat dan menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif, melalui penyajian informasi yang mendidik dan menyejukkan," tutupnya. -red



Sumber : mmc.kalteng



コメント


bottom of page