top of page

Pertama Kalinya! RSUD dr. Doris Sylvanus Sukses Melakukan Operasi Bedah Jantung Terbuka



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - RSUD dr. Doris Sylvanus (RSDDS) telah berhasil melaksanakan Operasi Bedah Jantung Terbuka Perdana melalui Jejaring Pengampuan Layanan Kardiovaskuler di Kalimantan Tengah. Tindakan bedah ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah (RSJPD) Harapan Kita terkait Jejaring Pengampuan Layanan Kardiovaskuler.


Ady Fraditha, Plt. Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus, menyampaikan dalam konferensi pers di Lobby Kantor RSUD dr. Doris Sylvanus pada Jumat (1/12/2023) bahwa RSDDS telah berkomunikasi secara intensif dengan pengampu dari RSJPD Harapan Kita untuk mempersiapkan pelaksanaan operasi bedah jantung terbuka di Kalimantan Tengah. Operasi tersebut dilakukan pada tanggal 1-2 Desember 2023 di RSUD dr. Doris Sylvanus dan melibatkan tim dari RSJPD Harapan Kita, yang dipimpin oleh Hananto Andriantoro. Dua pasien yang menjalani operasi berasal dari Kabupaten Barito Selatan dan Kabupaten Kapuas.


Hananto Andriantoro, Ketua Tim Pengampu Layanan Kardiovaskular Nasional, menyampaikan bahwa tujuan dari layanan bedah jantung terbuka ini adalah untuk mempermudah akses pelayanan bagi pasien dengan penyakit kardiovaskuler dan menurunkan angka kematian akibat penyakit tersebut di Kalimantan Tengah.


Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan RSJPD Harapan Kita atas bantuan yang diberikan kepada Provinsi Kalimantan Tengah melalui RSUD dr. Doris Sylvanus. Beliau menyebut pelaksanaan operasi bedah jantung terbuka secara perdana ini sebagai kabar baik bagi masyarakat Kalimantan Tengah, karena penanganan kasus ini kini dapat dilakukan di tanah sendiri tanpa harus antri keluar Provinsi.


Sementara itu, Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan, Azhar Jaya, menyatakan bahwa pelaksanaan operasi jantung terbuka di RSUD dr. Doris Sylvanus mencerminkan peningkatan pesat kemampuan SDM di daerah tersebut. Beliau berharap RSUD dr. Doris Sylvanus dapat terus mengembangkan sumber daya manusianya, sehingga mampu melakukan operasi secara mandiri dan mengurangi kebutuhan pasien untuk mencari pengobatan di luar daerah.


Prestasi RSUD dr. Doris Sylvanus dalam melaksanakan operasi bedah jantung terbuka perdana ini merupakan langkah positif dalam penguatan pelayanan kesehatan di Kalimantan Tengah.


Kolaborasi dengan RSJPD Harapan Kita dan dukungan dari pemerintah membuktikan bahwa kemajuan dalam bidang kesehatan dapat diwujudkan melalui kerjasama yang baik antara berbagai pihak. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat. -red



Sumber : mmc.kalteng

Commentaires


bottom of page