top of page

Pesawat Tempur TNI Angkatan Udara Jatuh di Daerah Pasuruan


( Foto : Pexels)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Sebuah pesawat milik TNI AU dilaporkan mengalami kecelakaan di wilayah Pasuruan, Jawa Timur, demikian diinformasikan oleh jurnalis Transmedia Pasuruan, Irsya Priyongko. Ia melaporkan bahwa pesawat tempur tersebut jatuh, berdasarkan kesaksian warga di sekitar lokasi.


"Disebutkan bahwa daerah tersebut memiliki banyak tebing, dan banyak warga yang melihat pesawat menabrak tebing," demikian diungkapkan dalam laporan langsung Irsya Priyongko di CNN Indonesia TV pada Kamis (16/11) siang.


Dalam rekaman video yang beredar di media sosial, terlihat nomor ekor pesawat tersebut adalah TT-3103.


"Saat ini belum dapat dipastikan asal pesawat tersebut. Namun, nomor lambung dapat terlihat dari video amatir," ujar Irsya.


Ia juga menyampaikan bahwa pihak kepolisian sedang berusaha menentukan lokasi jatuhnya pesawat tersebut.


Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Agung Sasongkojati, ketika dihubungi terpisah, mengaku belum mendapatkan informasi tersebut.


"Saya belum tahu, belum tahu," kata Agung kepada CNNIndonesia.com.


Berdasarkan penelusuran di laman TNI AU, nomor seri tersebut digunakan untuk pesawat jenis Super Tucano. Pesawat tempur taktis buatan Brazil ini memiliki kemampuan serangan antigerilya, pengendali udara depan, dukungan udara dekat, serta kemampuan identifikasi musuh di medan perang dengan kecepatan rendah. Selain itu, Super Tucano juga dapat digunakan sebagai pesawat latih dan untuk fungsi pengawasan udara. -red

Comments


bottom of page