top of page

Pilkada Damai, Wagub Kalteng Ingatkan Bahaya Polarisasi


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H Edy Pratowo, membuka Diskusi Publik menjelang Pilkada 2024 dengan tema "Mengawal Pilkada Serentak Kalteng 2024" di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya pada Kamis, 20 Juni 2024.


Dalam sambutan tertulis Gubernur yang dibacakannya, Wagub menyatakan bahwa Pilkada adalah pesta demokrasi yang harus disambut dengan suka cita. "Melalui Pilkada, masyarakat dapat memilih pemimpin terbaik untuk keberlanjutan dan kemajuan pembangunan di daerahnya," katanya.


Ia juga menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap penyebaran hoaks dan ujaran kebencian berbau SARA di era digital dan media sosial, yang dapat memecah belah masyarakat. "Saya meminta semua pihak untuk tidak terpengaruh atau terprovokasi oleh hal tersebut. Peran pers, khususnya anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), sangat strategis dalam menangkal dan mengklarifikasi hoaks serta mengedukasi masyarakat untuk selalu Saring Sebelum Sharing," tambahnya.


Wagub juga mengimbau masyarakat Kalimantan Tengah untuk menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Serentak pada 27 November 2024. "Satu suara kita akan menentukan masa depan pembangunan di seluruh wilayah Provinsi Kalimantan Tengah selama lima tahun ke depan," ujarnya.


Ketua PWI Pusat, Hendry CH Bangun, menekankan pentingnya diskusi publik ini untuk memastikan Pilkada sukses dan menghasilkan pemimpin yang akan memajukan daerahnya. "Partisipasi masyarakat akan tinggi jika pers melaksanakan tugasnya dengan baik, memberikan informasi penting seperti tahapan Pilkada dan rekam jejak calon," katanya.


Ketua PWI Kalteng, M Zainal, menyatakan bahwa diskusi publik ini menunjukkan kepedulian PWI Kalteng sebagai pers dan warga Kalteng agar Pilkada berjalan aman dan lancar. "Dengan diskusi ini, diharapkan semua pemangku kepentingan menyadari pentingnya Pilkada Serentak 2024 yang harus berjalan lancar, damai, dan tentram, sehingga aktivitas masyarakat, pemerintahan, dan usaha swasta dapat berjalan kondusif, serta terpilih pemimpin yang dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat Kalimantan Tengah," katanya.


Acara ini dihadiri oleh unsur Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, Ketua KPU Kalteng Sastriadi, Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi, serta mahasiswa se-Kota Palangka Raya. -red




Foto : mmc.kalteng

Comments


bottom of page