top of page

Polres Katingan Persiapkan Pengamanan Tahapan Pilkada Serentak


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Polres Katingan menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap PrajaTelabang 2024, Senin (26/8/2024) pagi di Mako Polres setempat di Kereng Pangi. Giat itu dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 di wilayah Kabupaten Katingan.


Kapolres Katingan, AKBP Chandra Iswanto menekankan, proses pergantian kekuasaan melalui Pilkada serentak bukanlah tujuan akhir, tetapi tujuan utama dari proses tersebut adalah terciptanya hidup damai dan saling menghargai di atas perbedaan yang ada untuk kesejahteraan masyarakat.


"Oleh karena itu polri mengajak semua pihak untuk optimis dan mewujudkan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Katingan dapat berlangsung aman, damai dan demokratis," ucap Kapolres Chandra Iswanto.


Dikatakan, dalam kacamata Kamtibmas, peningkatan kegiatan politik pada Pilkada serentak tentunya akan memunculkan potensi kerawanan di bidang keamanan. Terutama yang menjadi perhatian adalah pemanfaatan politik identitas penyebaran isu-isu yang dapat memecah belah persatuan serta penyebaran hoax dan ujaran kebencian, yang berpotensi menimbulkan konflik sosial di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat


Disebutkan, berbagai macam potensi kerawanan tersebut dapat terjadi dalam setiap tahapan Pilkada yang berupa pelanggaran maupun tindak pidana Pilkada. Termasuk tindak pidana umum yang harus dapat dikelola dan ditangani oleh polri secara profesional transparan dan akuntabel.


"Utamanya yang perlu diwaspadai pada tahap pemungutan suara, polri akan bekerja sama dengan kejaksaan dan Bawaslu. Diharapkan dapat mengoptimalkan peran Gakkumdu sehingga dapat menyelesaikan dengan cepat dan tuntas setiap pelanggaran pemilu yang terjadi," tega Kapolres.


Terpisah, PJ Bupati Katingan, Sutoyo menekankan pentingnya kerjasama semua pihak terkait untuk menyukseskan Pilkada serentak di daerah Bumi Penyang Hinje Simpei.


"Dengan kerjasama semua pihak, tentu pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Katingan dapat berjalan dengan aman lancar dan damai. Tentu gotong royong harus diutamakan dalam pelaksanaan Pilkada," sebut Sutoyo. -red

Commentaires


bottom of page