top of page

Pulang Pisau Rayakan HUT ke-22: Wagub Kalteng Soroti Prestasi dan Tantangan Global


KALTENG NETWORK, PULANG PISAU - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Edy Pratowo, menghadiri Upacara Peringatan Hari Jadi ke-22 Kabupaten Pulang Pisau yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Pulang Pisau pada Selasa, 2 Juli 2024.


Dalam sambutannya yang mewakili Gubernur Kalteng, Wagub Edy Pratowo menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Pj. Bupati serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, anggota Dewan, dan Forkopimda atas berbagai pencapaian pembangunan selama ini.


Dia juga mengucapkan terima kasih kepada para tokoh pendiri dan pendahulu, Bupati dan Wakil Bupati periode sebelumnya, akademisi, dunia usaha, insan pers, serta seluruh elemen masyarakat atas dedikasi dan kontribusinya terhadap kemajuan Kabupaten Pulang Pisau.


Edy Pratowo menekankan bahwa selama lebih dari dua dekade, banyak kemajuan yang telah dicapai di berbagai bidang. Salah satu pencapaian yang dibanggakan adalah keberhasilan Kabupaten Pulang Pisau mempertahankan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI untuk kesembilan kalinya secara berturut-turut pada tahun 2024. "Ini adalah bukti dari komitmen dalam tata kelola keuangan daerah yang baik, transparan, dan akuntabel," ujar Edy.


Wagub juga mengapresiasi keberhasilan Kabupaten Pulang Pisau yang mendapatkan penghargaan dari Kementerian Koperasi dan UKM RI sebagai Daerah Kabupaten/Kota Terbaik III dalam ajang Inabuyer Business To Business To Government Expo 2024. Penghargaan ini merupakan pengakuan atas dukungan terhadap produk usaha mikro, kecil, dan koperasi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.


Edy berharap peringatan hari jadi ini dapat menjadi momentum untuk memperkokoh semangat kebersamaan, persaudaraan, dan persatuan dalam memajukan pembangunan, meningkatkan kualitas pelayanan publik, dan menumbuhkan kemakmuran daerah. "Kerja sama dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat harus terus dibangun untuk menghadapi tantangan masa depan seperti globalisasi, digitalisasi, ancaman krisis pangan, IKN, dan bonus demografi," tegasnya.


Wagub juga menekankan pentingnya upaya kemandirian pangan untuk menekan laju inflasi dan memastikan ketersediaan stok serta harga kebutuhan pokok yang terjangkau oleh masyarakat. "Kita harus mendukung keberhasilan Program Strategis Nasional Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau agar mampu menjadi lumbung pangan Kalimantan Tengah dan IKN," ujar Edy.


Dia juga menyoroti pentingnya prioritas pada sektor pendidikan dan kesehatan, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, percepatan penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), serta kesiapsiagaan terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla).


Menutup sambutannya, Edy mengingatkan tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang akan digelar pada 27 November mendatang, dan mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Pulang Pisau dan Provinsi Kalteng untuk menyukseskan Pilkada dengan menggunakan hak suara serta menjaga kerukunan, keamanan, dan kondusivitas wilayah. Dia juga meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjaga netralitas.


Upacara tersebut dihadiri oleh unsur Forkopimda, Kepala OPD lingkup Pemprov Kalteng, Pj. Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani dan Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau, Ketua, Wakil Ketua dan Anggota DPRD Pulang Pisau, Sekretaris Kabupaten Pulang Pisau, staf ahli, asisten, Kepala OPD lingkup Kabupaten Pulang Pisau, Bupati/Walikota/Pj. Bupati, para pejabat terdahulu, sesepuh, tokoh masyarakat, dan tokoh adat. -red



Foto : mmc.kalteng

Comments


bottom of page