top of page

Rakernas I MADN, Ini Pesan Teras Bagi Masyarakat Dayak

Updated: Dec 1, 2022


BALIKPAPAN - Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) menggelar Rapat Kerja Nasional I MADN 2022 di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (13/10/2022). Rakernas I MADN ini dibuka secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian.

Salah satu tokoh Dayak dari Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang yang juga mantan Presiden MADN pertama turut hadir dalam rakernas tersebut.

Pada kesempatan itu, Teras menyampaikan bawah Rakernas MADN merupakan momentum penting dalam MADN merumuskan rencana kerjanya untuk tahun-tahun mendatang.

“Apa yang selama ini saya dorong agar masyarakat Dayak tak jadi penonton pembangunan, mendapatkan penegasan bagus dari sahabat baik saya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam momen ini mendapat penetapan sebagai Anggota Kehormatan Utama masyarakat Dayak”, ungkap Teras. Anggota DPD RI daerah pemilihan Kalteng ini melanjutkan, Mendagri mengingatkan bagaimana jutaan populasi masyarakat Dayak di Kalimantan mesti jadi pemain utama dalam pembangunan bukan sebagai penonton.





“Beliau menegaskan bagaimana masyarakat Dayak lewat kesenian tarinya, menggambarkan peradaban tinggi sekaligus cermin masyarakat petarung”, sebut Teras.

Pesan Mendagri ini menurut Teras sebagai dorong istimewa yang mesti direnungkan dan jadikan semangat dalam merancang arah pembangunan kualitas masyarakat adat Dayak ke depan.


“Lewat Rakernas MADN ini, kita olah pemikiran menjadi aksi nyata bagi peningkatan kualitas insan Dayak. Sebagai warga kehormatan utama Dayak, Bapak Menteri bahkan mendorong dan menawarkan kerja sama pencarian talenta-talenta muda Dayak untuk dididik. Ini kesempatan baik, mari kita sambut dan perkuat lewat program kerja berkualitas kepengurusan MADN”, ajak Teras.


Selain itu, Gubernur Kalteng periode 2005-2015 ini menyampaikan ucapan selamat kepada Mendagri RI Tito Karnavian atas kehormatan yang diberikan MADN sebagai Anggota Kehormatan Masyarakat Dayak

Comments


bottom of page