top of page

Maksimalkan Potensi Desa, Dinas PMD Kalteng Upayakan Program Pemberdayaan Masyarakat Guna Turunkan Kemiskinan



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Program dan Kegiatan PMD se-Kalteng di Ballroom M-Bahalap Hotel Palangka Raya pada Senin (26/2/2024).


Rakernis ini dibuka oleh Kepala Dinas PMD Kalteng, Aryawan, yang mewakili Wakil Gubernur Kalteng. Dalam sambutan yang dibacakan oleh Aryawan, Wakil Gubernur Kalteng menekankan dukungan terhadap pembangunan daerah melalui fokus Dinas PMD Kalteng dalam meningkatkan kondusivitas daerah dengan memenuhi kebutuhan dasar dan mengurangi kemiskinan masyarakat.


Beberapa isu strategis yang dihadapi Dinas PMD Kalteng meliputi peningkatan kapasitas aparatur desa, partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa, optimalisasi lembaga desa dan UMKM, serta pemanfaatan potensi desa.


Menurut Aryawan, Rakernis ini penting untuk pengembangan wawasan tentang pemberdayaan masyarakat dan desa baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.


"Diharapkan melalui rakernis ini, setiap lini dalam Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa baik dari Provinsi maupun Kabupaten/Kota dapat mengembangkan kerjasama secara sinergis sehingga mampu melakukan hal yang besar demi terwujudnya Kalteng Makin BERKAH," ujarnya.


Sementara itu, Sekretaris Dinas PMD Kalteng, Etty Aprilya, menjelaskan bahwa tujuan Rakernis adalah untuk mendiskusikan secara teknis program dan kegiatan PMD dari berbagai tingkatan pemerintahan guna mencapai visi Kalteng Makin BERKAH. Rakernis juga bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam perencanaan, pelaksanaan program dan kegiatan, serta menetapkan langkah-langkah ke depan secara berkesinambungan.


"Dari tujuan-tujuan Rakernis tersebut, maka hasil yang diharapkan adalah terwujudnya program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa yang efektif dan efisien dalam mendukung pembangunan daerah khususnya meningkatkan tingkat kondusivitas daerah melalui pemenuhan kebutuhan dasar dan pengurangan kemiskinan masyarakat," tambahnya.


Rakernis dihadiri oleh Kepala Bagian Kerja Sama, Biro Perencanaan dan Kerjasama, Sekretariat Jenderal, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Taofik Hidayat, serta Kepala Dinas PMD Kabupaten/Kota se-Kalteng dan Pejabat Administrator di Lingkungan Dinas PMD Provinsi Kalteng.


Rakernis ini merupakan platform penting bagi Dinas PMD untuk menyatukan visi dan langkah-langkah dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat dan desa. Sinergi antara berbagai pihak baik dari tingkat provinsi maupun kabupaten/kota sangat diperlukan untuk mencapai tujuan pembangunan daerah yang lebih baik dan inklusif. Semoga Rakernis ini menghasilkan kerja sama yang produktif dan solusi yang berkelanjutan untuk Kalteng yang lebih berkembang dan berkelanjutan. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page