top of page

Rakor Badan Kesbangpol: Desa Bersih Narkoba, Langkah Nyata Kalimantan Tengah


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan tujuan membahas peran Pemerintah Daerah dalam meningkatkan efektivitas Program Desa Bersih Narkoba dalam konteks Advokasi Program Ketahanan Keluarga Anti Narkoba Berbasis Sumber Daya Pembangunan Desa untuk tahun 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis (22/2/2024) di Hotel Luwansa Palangka Raya.


Nova Vera Lina, yang mewakili Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kalimantan Tengah, dalam paparannya menekankan pentingnya pembentukan regulasi dan penguatan kebijakan di tingkat pemerintah daerah untuk mendukung pelaksanaan Desa Bersinar. Selain itu, ia juga menyoroti perlunya pembinaan dan pengawasan dalam implementasi program di daerah serta sinergi antara pemerintah pusat dan daerah untuk menciptakan kondisi aman dan tertib, serta mewujudkan desa yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.


Nova Vera Lina juga menekankan pentingnya peran berbagai pihak, termasuk Pemerintah Desa, Badan Narkotika Nasional, Kementerian, dan Pemerintah Daerah, dalam upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba hingga tingkat desa. Dia menjelaskan langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam mendukung Program Desa Bersinar, seperti pembentukan Tim Terpadu P4GN-PN, koordinasi dengan Kementerian terkait, penyusunan regulasi, pelibatan ormas dan perangkat desa, serta penyelarasan kebijakan melalui Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah kepada Bupati/Walikota.


Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari Badan Narkotika Nasional, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, serta berbagai instansi terkait dari Kota Palangka Raya dan Kabupaten Kotawaringin Timur.


Kegiatan ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba, serta memperlihatkan pentingnya kolaborasi antarinstansi untuk mencapai tujuan bersama dalam menciptakan lingkungan yang bersih dari narkoba, terutama di tingkat desa. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page