top of page

RAT KPN Perikanan 2023: Dorong Perkembangan Usaha Sektor Kelautan dan Perikanan


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan kegiatan yang sangat penting bagi setiap koperasi karena RAT adalah landasan utama dalam menjalankan koperasi sesuai dengan Undang-Undang Perkoperasian. Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, H. Darliansjah, dalam pembukaan RAT Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Perikanan untuk Tahun Buku 2023. Kegiatan tersebut dilakukan secara hybrid, baik secara daring melalui zoom meeting maupun secara langsung di Aula Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 26 Maret 2024.


Darliansjah menjelaskan bahwa RAT mencerminkan prinsip kekeluargaan yang merupakan bagian integral dari koperasi. Sebagai forum pengambilan keputusan tertinggi, RAT menunjukkan bahwa kekuatan utama koperasi terletak pada anggotanya. Lebih lanjut, RAT memiliki arti strategis dalam pengembangan koperasi menuju perbaikan yang lebih baik.


Melalui RAT, dibahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus, Laporan Pertanggungjawaban Pengawas, Rencana Kerja Tahunan Koperasi, serta Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (RAPBK). Ini penting untuk mengukur kinerja pengurus, mengevaluasi program dan kegiatan, serta memperbaiki kinerja koperasi untuk masa depan.


Ketua KPN Perikanan, Lesep, menambahkan bahwa tujuan RAT adalah untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas tahun sebelumnya, serta membahas rencana kerja dan anggaran koperasi untuk tahun berikutnya. Darliansjah juga mengajak seluruh pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan untuk mendukung dunia usaha sektor kelautan dan perikanan, termasuk koperasi, sebagai mitra kerja. Kerja sama yang baik antara pengurus, pengawas, dan anggota sangat diperlukan dalam menghadapi persaingan dunia usaha yang semakin ketat.


Harapannya, RAT KPN Perikanan Tahun Buku 2023 dapat berjalan lancar dan program/kegiatan koperasi yang telah disusun dapat dilaksanakan. Darliansjah berharap bahwa pencapaian KPN Perikanan yang sangat baik pada tahun sebelumnya dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang.



Suber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page