top of page

Resmi! Presiden Jokowi Luncurkan Logo IKN Nusantara


Kalteng Network, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meluncurkan logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara secara resmi. Logo tersebut merupakan hasil seleksi dari para peserta yang telah mengikuti sayembara. Peluncuran logo IKN Nusantara dilakukan di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023) sore.


Dalam laporannya, Bambang Susanto selaku Kepala Otorita IKN menjabarkan bahwa lomba desain logo IKN Nusantara diikuti lebih dari 500 desainer dari seluruh Indonesia. Proses pemilihan dimulai dari September 2022 lalu dan melibatkan mitra desain grafis yang tergabung dalam Asosiasi Desain Grafis Indonesia (ADGI).


Panitia tim kurator dari ADGI memilih 10 desainer dari seluruh peserta yang mendaftar kemudian menilai desain logo IKN Nusantara berdasarkan pada semangat kebhinekaan, namun dalam satu kesatuan, Semangat kebersamaan dan rasa memiliki, serta semangat bahari atau maratim. Selanjutnya, dari 10 desain logo terbaik, Presiden Jokowi berkenan memilih 5 desain, untuk kemudian dilakukan pemilihan satu logo melalui voting.

“Votting dilakukan secara terbuka online mulai 4 April hingga 20 Mei 2023. Masyarakat seluruh Indonesia bisa memberikan vote logo yang dipilih,” ujarnya dilansir dari Detik.com.



Untuk menyosialisasikan lima desain logo IKN Nusantara tersebut dilakukan serangkaian road show dan paparan oleh peserta. Kepala Otorita IKN mengungkapkan, sedikitnya 525 ribu vote masuk, terdiri dari 60 persen suara dari Pulau Jawa, dan 40 persen luar Jawa. Sebanyak 16 ribu vote berasal dari masyarakat Kalimantan Timur.


Pemilihan logo IKN Nusantara dimenangkan oleh Aulia Akbar dengan logo bertema Pohon Hayat, yang diumumkan secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Lima desainer logo IKN terbaik mendapat apresiasi dari Bank BNI berupa uang senilai masing-masing Rp 15 juta.


Presiden Jokowi mengatakan bahwa Pohon Hayat merupakan pohon kehidupan yang diharapkan bisa menginspirasi, bahkan IKN Nusantara yang dibangun di Kalimantan Timur sebagai tempat hidupan baru bagi kita semua dan juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat Indonesia. -red

Comments


bottom of page