top of page

Rotan masih jadi andalan di wilayah Dapil III Seruyan

Updated: Nov 16, 2023


KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan sebut rotan menjadi salah satu komoditas atau hasil Sumber Daya Alam (SDA) andalan di daerah pemilihan (Dapil) III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun.


Anggota DPRD Seruyan Dapil III Atinita menyebut, alasan yang membuat rotan menjadi salah satu unggulan di wilayah setempat itu karena bisa disimpan dalam kurun waktu yang lebih lama.


"Selain itu, untuk pemasaran sendiri kita mengharapkan di Jagoi Babang yang dekat Malaysia. Tapi untuk penampungan juga sudah ada yang menetap di Desa Tumbang Darap itu," katanya.


Dikatakannya, untuk kulitnya sendiri akan dibawa ke Jagoi Babang sementara jantungnya di bawa ke Banjarmasin untuk dianyam.


Dia mengungkapkan, untuk harga rotan dengan panjang 2,60 meter dengan isi per ikat sebanyak 1000 bilah di Seluas adalah Rp70 ribu. Sedangkan untuk harga eceran dipinggiran sendiri hanya Rp30 ribu per ikat.


"Tapi sebenarnya wajar, karena itu untuk biaya angkut mencapai jarak yang sangat jauh. Biaya tansport, belum lagi bongkar muatnya. Jadi untuk rotan memang masih jadi unggulan di sana selain kopi dan karet," pungkasnya. (Rfn)

Comments


bottom of page