top of page

Sahli Gubernur Herson B. Aden Membuka Rapat Evaluasi Kolaborasi Daerah Tahun 2023


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Herson B. Aden, mewakili Sekretaris Daerah, memimpin Rapat Evaluasi Kerja Sama Daerah Tahun 2023 di Hotel Best Western Palangka Raya pada Selasa, 7 November 2023.


Dalam sambutan yang dibacakan oleh Herson, ia menyampaikan bahwa keterbatasan Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangunan dan memberikan pelayanan publik kepada seluruh masyarakat dapat menyebabkan ketimpangan dalam hasil pembangunan dan pelayanan publik. Ia menekankan bahwa seringkali masyarakat lebih mudah mengakses pelayanan publik dari daerah lain daripada dari daerah tempat tinggal mereka, sehingga kebutuhan dasar masyarakat lebih sering terpenuhi dari daerah tetangga.


Herson juga mencatat bahwa banyak daerah memiliki sumber daya alam yang melimpah, tetapi belum mampu menggali dan memanfaatkan potensi tersebut secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dia menekankan bahwa kerja sama daerah dapat digunakan sebagai sarana untuk memperkuat hubungan antardaerah, mengkoordinasikan pembangunan daerah, memanfaatkan potensi yang ada, dan meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi, dan kapasitas keuangan antardaerah.


Herson berharap adanya komitmen bersama dari semua perangkat daerah yang telah terlibat dalam kerja sama, baik dengan pihak ketiga, daerah lain, maupun lembaga pemerintah pusat, sehingga kerja sama daerah dapat dilaksanakan secara optimal untuk mencapai hasil yang lebih baik di masa depan.


Dalam laporan yang disampaikan oleh Kepala Bagian Kerjasama Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Kalteng, Achmad Hairudin, dijelaskan bahwa rapat evaluasi kerja sama daerah bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kerja sama daerah dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan manfaat dari kebijakan, program, dan kegiatan yang telah atau sedang dilaksanakan.


Hal ini juga bertujuan untuk merumuskan program dan kegiatan kerja sama daerah yang berkesinambungan, efektif, efisien, dan bermanfaat bagi kemajuan wilayah serta untuk meningkatkan perekonomian dan daya saing daerah melalui kerja sama daerah.


Rapat evaluasi ini dihadiri oleh berbagai perwakilan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Kalteng, serta narasumber dari Kementerian Dalam Negeri yang membahas kerja sama daerah. -red

Comments


bottom of page