top of page

Sahli KSDM Suhaemi, Memulai Kegiatan Acara Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat Se-Kalteng Tahun 2023


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Suhaemi, mewakili Gubernur Kalteng dalam pembukaan resmi Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat Se-Kalteng Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di GOR Indoor Sebaguna Palangka Raya pada Kamis (16/11/2023).


Dalam sambutan tertulis Gubernur Kalteng yang dibacakan oleh Sahli KSDM Suhaemi, diungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif dari Pemprov Kalteng melalui Dinas Pemuda dan Olahraga. Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat Se-Kalteng Tahun 2023 menjadi bagian dari rangkaian perayaan Hari Pahlawan Tahun 2023, sekaligus sebagai seleksi menuju PRA POPNAS Zona III Tahun 2024 dan PON XXI di Aceh – Sumatra Utara Tahun 2024.


Suhaemi menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat mempererat hubungan antar-atlet, pelatih, official, manager, dan pendamping pencak silat di Kalimantan Tengah. Dia juga menyatakan rasa bangganya dapat bertemu dengan para duta olahraga, khususnya atlet pencak silat yang telah mempersiapkan diri secara fisik dan mental untuk mengikuti Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat Se-Kalteng Tahun 2023.


"Marilah kita manfaatkan kegiatan ini untuk menghidupkan kembali semangat olahraga Pencak Silat di Kalimantan Tengah, meningkatkan prestasi, dan sebagai kesempatan untuk perbaikan, evaluasi, serta implementasi program yang lebih terarah, terencana, khususnya dalam cabang olahraga Pencak Silat. Semoga hal ini dapat meningkatkan prestasi Kalimantan Tengah baik di tingkat nasional maupun internasional," ujar Suhaemi.


Ia menutup sambutannya dengan mengingatkan bahwa Pencak Silat adalah warisan budaya luhur Bangsa Indonesia yang perlu diberdayakan dan dikembangkan sebagai kebanggaan yang telah dikenal di seluruh dunia.


Kepala Bidang Peningkatan Olahraga Prestasi Dispora Provinsi Kalteng, Adi Nur Fajar, melaporkan bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari, dari tanggal 15-19 November 2023, di GOR Indoor Serba Guna Palangka Raya. Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat Se-Kalteng Tahun 2023 akan mempertandingkan kategori Tanding Putra Putri dan Kategori Festival Seni Putra Putri.


Peserta berasal dari perguruan pencak silat yang direkomendasikan oleh Pengkab dan pengkot IPSI Kabupaten/Kota se-Kalteng. Total hadiah yang disediakan untuk kegiatan ini mencapai Rp. 333 Juta Rupiah.


Acara ini dihadiri oleh Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Kepala Dispora Provinsi Kalteng Hamka, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Provinsi Kalteng, Ketua Pengurus Provinsi Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia Kalteng Guntur Talajan, Ketua Pengurus Kabupaten Kota Persatuan Pencak Silat Seluruh Indonesia se-Kalteng, para atlet, pelatih, official, wasit, pendamping kontingen peserta Gubernur Cup Kejuaraan Pencak Silat Se-Kalteng, serta tokoh-tokoh dan praktisi olahraga di Kalimantan Tengah. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page