top of page

Sahli Yuas Elko Resmikan Acara PPID dan Lapor! Kalteng Goes To Campus pada Tahun 2023


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Sahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Yuas Elko, mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng sebagai atasan PPID Provinsi Kalteng, secara resmi membuka kegiatan PPID dan Lapor! Kalteng Goes To Campus Tahun 2023 di Aula Universitas Muhammadiyah Palangka Raya pada Rabu (15/11/2023).


Yuas Elko, dalam membacakan sambutan tertulis Sekda, menekankan urgensi keterbukaan informasi publik dalam mendorong partisipasi serta peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik. Keterlibatan masyarakat diharapkan dapat menciptakan mekanisme check and balance, memastikan kebijakan publik yang dibuat melibatkan masyarakat dan sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam era transformasi digital saat ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen diseminasi informasi untuk mengatasi penyebaran informasi tidak bertanggung jawab atau hoaks.


Selain itu, Yuas Elko mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan kinerja pemerintah, perbaikan terus dilakukan agar pelayanan publik menjadi lebih cepat dan efisien. Dalam konteks ini, teknologi memegang peran penting, dan pengelolaan pengaduan pelayanan publik tidak dapat lagi dilakukan secara manual. Sebagai solusi, Kementerian PAN RB telah menghadirkan aplikasi layanan aspirasi dan pengaduan online rakyat, yaitu Lapor!, yang terintegrasi secara nasional dan daerah.


Pengelolaan pengaduan masyarakat melalui aplikasi SP4N-Lapor! bertujuan untuk menciptakan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya. Yuas Elko menegaskan bahwa hal ini dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan media telekomunikasi saat ini.


Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi, dalam laporannya, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang keterbukaan informasi publik kepada masyarakat, terutama akademisi dan mahasiswa di Kota Palangka Raya. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat membangun sinergi positif antara pemerintah provinsi dan akademisi dalam penyediaan informasi kepada publik, serta mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan.


Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor/Pimpinan serta Pejabat Kehumasan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Kota Palangka Raya, serta BEM Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Narasumber dalam kegiatan ini melibatkan Komisioner Komisi Informasi Pusat Rospita Vici Paulyn, Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Hasyim Gautama, dan Kepala Dinas Kominfosantik selaku PPID Utama Provinsi Kalteng. Turut hadir Kepala Diskominfosantik Provinsi Kalteng beserta jajaran, Ketua dan Anggota Komisi Informasi Provinsi Kalteng, serta Rektor/Pimpinan dan Pejabat Kehumasan Perguruan Tinggi di Kota Palangka Raya beserta BEM Perguruan Tinggi di Kota Palangka Raya. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page