top of page

Salam Literasi! Sepuluh Pasang Finalis Duta Bahasa Kalteng 2023 Siap Berkompetisi



Kalteng Network, Palangka Raya - Setelah melalui berbagai proses penyaringan, terpilihlah sepuluh pasang putra-putri terbaik untuk berkompetisi pada Pemilihan Duta Bahasa Kalimantan Tengah 2023. Seluruh finalis dikarantina sejak Minggu, (4/6/2023) hingga Kamis, (8/6/2023) di Aurila Hotel Palangka Raya. Adapun malam penganugerahan akan dilaksanakan pada Sabtu (10/6/2023) mendatang di Swsibel Hotel Danum Palangka Raya.


Dalam rangkaian karantina, kesepuluh pasang finalis dibekali dengan berbagai pengetahuan di bidang literasi khususnya bahasa dan sastra Indonesia. Selain itu, seluruh finalis juga akan mengikuti UKBI (Uji Kompetensi Kemampuan Berbahasa Indonesia) untuk mengukur kemampuan berbahasa Indonesianya.


Pembekalan ini penting, mengingat nantinya Duta Bahasa akan mengemban tugas dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan literasi dan menjaga trigatra bangun bahasa : utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing. Duta Bahasa juga bersinergi dalam Ikatan Duta Bahasa yang diawasi oleh Balai Bahasa Kalimantan Tengah.


Pemenang terbaik I Duta Bahasa Kalimantan Tengah 2023 akan mewakili Kalimantan Tengah di tingkat nasional. Persaingan cukup ketat untuk memilih wakil Kalteng, mengingat dalam tiga tahun terakhir Duta Bahasa Kalteng berhasil mendapatkan terbaik V pada tahun 2020, terbaik III pada tahun 2021, serta unjuk bakat terbaik pada tahun 2022 di tingkat nasional.


Ipan Dwi Nata, M.Pd. selaku ketua Ikatan Duta Bahasa Kalimantan Tengah mengaku bangga dengan seluruh finalis. "Saya ucapkan selamat berproses kepada teman-teman khususnya kepada seluruh finalis duta Bahasa provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023, semoga melalui kegiatan ini dapat menjadikan kita generasi muda yg peduli terhadap pelestarian bahasa daerah, pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta penggunaan bahasa asing yang tepat di manapun kita berada. Semangat dan semoga sukses. Salam literasi," ucapnya ketika ditemui tim Kalteng Network. -red

Comments


bottom of page