top of page

Sebanyak 473 Orang Kontingen Petani dan Nelayan Kalteng Ikuti Pekan Nasional XVI Tahun 2023


Sumber : MMC Kalteng


Kalteng Network, Palangka Raya - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo pagi ini Kamis (8/6/2023) melepas kontingen Pekan Nasional (PENAS) Petani dan Nelayan XVI tahun 2023. Sebanyak 473 petani dan nelayan dari seluruh Kalimantan Tengah terlihat memenuhi Bandar Udara Tjilik Riwut, Palangka Raya.


"Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan semangat dan motivasi para petani nelayan dan petani hutan sebagai pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan," ucap Edy Pratowo dalam sambutannya.

"Diharapkan Kontingen Kalimantan Tengah yang ikut serta dalam event PENAS XVI Tahun 2023 dapat berperan aktif dan berkontribusi serta mempersiapkan diri sebagai peserta di berbagai kegiatan dan kategori yang diperlombakan. Saya juga berharap seluruh peserta mampu memanfaatkan momem PENAS ini untuk menggali berbagai informasi atau inovasi dalam upaya memperkuat agribisnis di tingkat petani nelayan dan petani hutan, serta untuk melakukan konsolidasi, pengembangan diri, tukar menukar informasi, apresiasi, kemitraan dan promosi hasil," pungkasnya.


PENAS yang dilaksanakan setiap tahun sejak 1971 ini akan berlangsung di Provinsi Sumatera Barat, tepatnya di Lapangan Udara TNI AU Kota Padang, mulai tanggal 10-15 Juni 2023. Adapun PENAS mengusung tema "Melalui PENAS Petani Nelayan XVI Tahun 2023 Padang-Sumatera Barat, Kita Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia 2045".


"Kontingen Kalimantan Tengah berjumlah 473 orang, terdiri dari terdiri dari peserta utama (petani nelayan, petani hutan, serta kelembagaan petani dan nelayan) dan peserta pendamping sebanyak 326 orang, serta peserta peninjau sebanyak 147 orang," jelasJailani, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kalteng.


Pada acara pelepasan tersebut Wagub ditemani oleh Sekretaris Daerah Kalteng, H. Nuryakin serta Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan Provinsi Kalteng, Sunarti. -red

Comments


bottom of page