top of page

Sekda Kalteng Buka Sosialisasi Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Tahun 2024



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, H. Nuryakin, membuka acara Sosialisasi Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2024 di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalimantan Tengah pada Selasa (27/2/2024).


Dalam pidatonya, Sekda menyampaikan bahwa prinsip dalam penyelenggaraan pelayanan publik tidak hanya berorientasi pada kepentingan pasar, tetapi juga harus memprioritaskan kepentingan masyarakat, standar profesional, kepatuhan pada hukum, efisiensi, efektivitas, serta kepuasan masyarakat sebagai penerima layanan dari pelayanan publik dan pemerintahan.


"Partisipasi masyarakat menjadi faktor utama dalam menetapkan arah kebijakan dan pengembangan sistem pelayanan publik. Oleh karena itu, kualitas pelayanan publik yang unggul merupakan kunci utama untuk memenuhi harapan masyarakat dan membangun kepercayaan publik yang positif," ujarnya.


Sekda juga menekankan perlunya terus meningkatkan kualitas pelayanan publik guna meraih predikat yang lebih baik di tahun 2024. Setiap instansi juga diingatkan untuk memperhatikan indikator dan bobot penilaian pelayanan publik, serta melakukan upaya perbaikan dan penyempurnaan yang berkelanjutan terhadap manajemen dan administrasi pelayanan publik.

Lebih lanjut, Sekda menyoroti kewajiban setiap Penyelenggara Pelayanan Publik untuk menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan publik, serta melaporkan hasilnya kepada Menteri PANRB.


Dalam kesempatan yang sama, Analis Kebijakan Madya Fahrul Rizal, mewakili Plt Deputi Pelayanan Publik Kementerian PANRB, mengungkapkan bahwa berdasarkan Worldwide Governance Indicator, Indeks Efektivitas Pemerintah tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan. Ia berharap peningkatan tersebut dapat menjadi modal bagi Indonesia dalam menciptakan birokrasi yang berkualitas internasional.


Kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi momen penting dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yang terukur dan memprioritaskan pelaksanaan Forum Konsultasi Publik untuk transparansi dan efektivitas penyelenggaraan pelayanan publik di seluruh wilayah Kalimantan Tengah.


Kehadiran para pejabat dan perwakilan dari berbagai instansi pemerintah baik provinsi maupun kabupaten/kota dalam acara tersebut menunjukkan komitmen mereka terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik di Kalimantan Tengah. -red



Sumber : mmc.kalteng


Comments


bottom of page