top of page

Sekda Nuryakin Ajak Para Pihak Terlibat untuk Bekerja Sama Mengurangi Angka Kecelakaan Lalu Lintas


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin telah menghadiri Forum Lalu Lintas dan Angkatan Jalan (LLAJ) yang membahas Keselamatan Jalan dan Harmonisasi Program serta Penyusunan Rencana Umum Nasional Keselamatan Angkutan Jalan di Regional Pulau Kalimantan Tahun 2023. Kegiatan ini berlangsung di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya pada Selasa, 31 Oktober 2023. Forum ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan tujuan mendorong instansi pemerintah untuk aktif dalam memperhatikan keselamatan lalu lintas di wilayahnya masing-masing.


Kasubdit Manajemen Keselamatan Direktorat Sarana Transportasi Jalan, Joko Kusnanto, mewakili Direktur Sarana Transportasi Jalan, secara resmi membuka Forum LLAJ.


Sekda H. Nuryakin, dalam pidatonya, mengemukakan bahwa untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas, ada lima pilar yang harus diperhatikan, yaitu manajemen keselamatan jalan, jalan yang aman, kendaraan yang aman, perilaku pengguna jalan yang aman, serta penanganan korban pasca kecelakaan. Keselamatan LLAJ di daerah merupakan kewajiban sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 37 Tahun 2017 tentang Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu, Perpres No. 1 Tahun 2022 juga telah diterbitkan mengenai Rencana Umum Nasional Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (RUNK LLAJ).


Nuryakin menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah merumuskan "Dokumen Rencana Aksi Keselamatan Jalan di Prov. Kalteng Tahun 2022-2027" dengan bantuan dari Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri RI. Dokumen ini dijadikan acuan bersama melalui Forum Lalu Lintas Angkutan Jalan yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan di bidang lalu lintas untuk bersinergi dalam upaya menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.


Sekda juga mengajak Pemerintah Provinsi Regional Pulau Kalimantan untuk menganggarkan penyusunan Dokumen RAK LLAJ Tingkat Provinsi pada tahun anggaran 2024, sebagai bagian dari upaya bersama dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas. Dia menekankan pentingnya kerjasama antara pemangku kebijakan dalam masing-masing pilar untuk mencapai tujuan dari Dekade Aksi Keselamatan Tahun 2021-2040.


Forum ini dihadiri oleh beberapa pejabat, termasuk Kasubdit Manajemen Keselamatan Direktorat Sarana Transportasi Jalan Joko Kusnanto yang mewakili Direktur Sarana Transportasi Jalan, Koordinator Kelompok Subtansi Pengembangan Keselamatan Diah Fitra Permatasari, Kadis Perhubungan Prov. Kalteng Yulindra Dedy, serta Kepala perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait dan peserta lainnya. -red

Comentários


bottom of page