top of page

Sekda Nuryakin Pimpin Puncak Ke-XI Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, H. Nuryakin, mewakili Gubernur, membuka Festival Tandak Intan Kaharingan Tingkat Pusat Ke-XI di GOR Volly Indoor, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, pada Selasa (19/12/2023).


Dalam membacakan sambutan tertulis Gubernur, Sekda menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya mendalam dalam memahami ajaran-ajaran suci umat Hindu Kaharingan melalui perlombaan dan kegiatan lainnya. Tujuan utama kegiatan ini antara lain adalah meningkatkan iman dan taqwa, memperkuat persatuan dan kesatuan, menyatukan persepsi tentang seni membaca kitab suci panaturan, serta memantapkan kerukunan hidup umat beragama.


Melalui festival ini, Sekda optimis umat Hindu Kaharingan dapat meningkatkan rasa keimanan dan berpartisipasi dalam pembangunan Provinsi Kalimantan Tengah. Ia juga mengajak umat Hindu Kaharingan se-Kalimantan Tengah untuk turut serta dalam pesta demokrasi tahun 2024, yaitu Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden, dan Pemilu Kepala Daerah.


Sekda juga mengajak seluruh umat Hindu untuk menyebarkan nilai-nilai suci ajaran Agama Hindu Kaharingan guna meningkatkan perdamaian dan persaudaraan. Menurutnya, perlu terus meningkatkan kemampuan dan menerapkan ajaran agama tersebut dalam kehidupan sehari-hari.


Bupati Kotawaringin Timur, H. Halikinnor, menekankan bahwa festival ini bukan hanya ajang perlombaan, melainkan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap kebudayaan dan budaya daerah di Indonesia. Festival ini dianggap sebagai upaya memupuk persatuan, menghargai keragaman budaya, dan mendorong kreativitas anak bangsa.


Sekda Kabupaten Kotawaringin Timur, Fajrur Rahman, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian tak terpisahkan dari pembangunan yang dilakukan pemerintah. Harapannya, festival ini dapat mempererat rasa kebersamaan dan persaudaraan antar umat beragama, intern umat beragama, serta antara umat beragama dan pemerintah. Ia juga mengajak untuk membudayakan dan mendukung anak-anak yang memiliki potensi untuk terus berkembang.


Hadir dalam acara tersebut, antara lain, Ketua DWP Provinsi Kalimantan Tengah Hj. Anitha Nuryakin, Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko, Bupati, Pj. Bupati/Pj. Wali Kota se-Kalimantan Tengah, Kepala Instansi Vertikal dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Pimpinan Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda se-Kalimantan Tengah. -red



Sumber : mmc.kalteng

コメント


bottom of page