top of page

Sekda Palangka Raya sambut tim peneliti UPR dan peneliti Jepang yang lakukan riset lahan gambut


Foto : MMC Palangka Raya


KALTENG NETWORK PALANGKA RAYA – Hera Nugrahayu selaku Sekda Kota Palangka Raya mewakili Wali Kota Palangka Raya menyambut kunjungan tim peneliti dari Hokkaido Jepang, dan tim peneliti dari Universitas Palangka Raya yang melaksanakan riset gambut dan black water, serta karhutla di Kota Palangka Raya, Rabu (30/8/2023). Dirinya menyatakan bahwa kegiatan riset terkait dengan struktur lahan gambut di Kota Palangka Raya, dapat memberikan manfaat penting yakni mengetahui kontur lahan gambut seperti apa, guna mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).


“Perlu diketahui, hampir 40 persen wilayah di Kota Palangka Raya terdiri dari lahan gambut yang luasnya mencapai 115.873 hektar, dari total luas wilayah Kota Palangka Raya 285.312,40 hektar. Dengan luasan lahan gambut ini membuat rentan mengalami karhutla pada saat musim kemarau,” tutur Hera di hadapan para tim peneliti.


Kepala UPT Laboraturium Lahan Gambut Universitas Palangka Raya, Adi Jaya juga berharap agar riset yang direncanakan bisa dilaksanakan secara detail dan membawa hasil dan manfaat yang diinginkan.

“Terutama bermanfaat sebagai upaya pencegahan karhutla. Sebut saja melalui sabun pemadam kebakaran yang diperkenalkan oleh tim peneliti dari Hokkaido Jepang yang diyakini sebagai solusi efektif memadamkan karhutla di lahan gambut, sehingga tidak terjadi dampak negatif terhadap lingkungan,” jelasnya.


Turut hadir dalam kegiatan pertemuan tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Palangka Raya, Kepala Perangkat Daerah terkait di lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, dan pihak terkait lainnya. -red

Comentarios


bottom of page