top of page

Sekda Pimpin Rakor Pemilu 2024 dan Ajak Tingkatkan Partisipasi Masyarakat


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin yang juga menjabat sebagai Ketua Desk Pemilu Prov Kalteng memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Pemilu 2024 di Aula Kesbangpol Kalteng pada Senin (12/2/2024).


Rapat ini dihadiri oleh Tim Desk Pemilu Prov Kalteng secara langsung dan secara virtual oleh Tim Desk Kabupaten/Kota se-Kalteng dari lokasi masing-masing. Sebelumnya, pada Rabu (7/2/2024), Tim Desk Pemilu Prov. Kalteng telah menggelar Rapat Persiapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 untuk memastikan kelancaran dan keamanan tahapan pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.


Dalam sambutannya, Ketua Desk Pemilu Kalteng, H. Nuryakin, menyampaikan bahwa Desk Pemilu provinsi/kabupaten/kota memiliki tanggung jawab seperti ASN dalam memantau kesiapan Penyelenggara Pemilu oleh KPU dan Bawaslu.

Nuryakin menegaskan pentingnya logistik Pemilu sampai ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing. Berdasarkan laporan, logistik pemilu telah sampai di kabupaten/kota tanpa kendala yang berarti, menandakan Provinsi Kalteng aman dan nyaman.


Ia mengajak semua pihak untuk mengintensifkan sosialisasi tentang tata cara pencoblosan yang benar untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu. Meskipun sudah ada bantuan dari partai politik dan Tim Kampanye Nasional, sosialisasi masih terbatas hanya di beberapa titik.


Nuryakin juga mengimbau kepada ASN dan PPNPN di lingkungan Pemprov Kalteng untuk memeriksa Daftar Pemilih Tetap (DPT) secara online melalui situs web resmi KPU. Ia meminta seluruh Tim Desk kabupaten/kota serta stakeholders lainnya agar tetap waspada dan siap siaga.


Bapak Gubernur beserta Forkopimda berencana akan memantau TPS di tiga kabupaten/kota, yaitu Palangka Raya, Pulang Pisau, dan Katingan. Masing-masing kabupaten/kota diminta untuk menyiapkan TPS yang akan dikunjungi, termasuk menampilkan busana/budaya daerah.


Terkait dengan pelaporan hasil pemilu melalui Aplikasi SISUKAH, Desk Pemilu akan menetapkan format laporan yang harus disetujui sebelum disebarluaskan kepada publik.


Sekda juga meminta kepada Bupati/Pj Bupati/Pj. Wali Kota untuk menginstruksikan para camat untuk memantau dan memeriksa TPS di wilayah masing-masing, terutama daerah terpencil terkait logistik pemilu.

Plh. Asisten Pemkesra, Herson B. Aden, menyarankan agar kabupaten/kota yang belum mengalokasikan anggaran untuk Pemilu Pilkada 2024 segera melakukannya melalui APBD Perubahan 2024.


Rapat dihadiri oleh Unsur Forkopimda Prov. Kalteng serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng terkait, dan secara virtual oleh Unsur Forkopimda, Kaban Kesbangpol, Pimpinan KPU, dan Bawaslu kabupaten/kota se-Kalteng.

Diharapkan, semua aktivitas terukur dan tercatat, serta Pemilu 2024 di Kalteng sukses, berintegritas, jujur, aman, dan damai. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page