top of page

Selamat berjuang Kontingen Kalteng di POPNAS XVI Tahun 2023


Foto : MMC Kalteng


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - H. Nuryakin Sselaku Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) melepas secara resmi Kontingen Prov. Kalteng mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Tahun 2023 di Palembang, bertempat di Halaman Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (25/8/2023).


Sebelumnya, telah dilaksanakan senam pagi bersama antara Perangkat Daerah dan BUMN/BUMD di lingkungan Pemprov Kalteng. Senam pagi bersama dalam rangka peningkatan kesehatan dan kebugaran jasmani bagi Anggota Aparatur Sipil Negara (ASN) dan BUMN/BUMD. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mempererat hubungan antar sesama ASN di lingkungan Pemprov Kalteng di Halaman Kantor Gubernur Kalteng.


Sekda H. Nuryakin, membacakan sambutan dari Gubernur Kalteng mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dan Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng, yang telah mempersiapkan para atlet, pelatih, ofisial, manajer dan seluruh kontingen untuk berpartisipasi dalam ajang POPNAS XVI yang akan dilaksanakan di Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan, pada tanggal 25 Agustus sampai dengan 4 September 2023.

“Kita semuanya tentunya merasa bangga sekaligus gembira pagi hari ini kita bisa berjumpa dan melepas keberangkatan duta-duta olahraga Provinsi Kalimantan Tengah untuk berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional ke-16 di Palembang”, tutur Sekda.


Sekda mengutarakan POPNAS ini merupakan kompetisi olahraga tertinggi bagi pelajar.

“Oleh karena itu, anak-anakku para atlet harus merasa bangga. Jadikan ajang ini sebagai pengalaman berharga, untuk mengukur sekaligus mengembangkan bakat dan kemampuan olahraga yang kalian miliki”, ucapnya.


Kontingen Prov. Kalteng akan mengikuti sebanyak 12 (dua belas) cabang olahraga dari 22 (dua puluh dua) cabang olahraga yang akan dipertandingkan, yaitu Angkat Besi, Atletik, Balap Sepeda, Dayung, Karate, Menembak, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Sepak Takraw, Taekwondo dan Tinju.


Kontingen Kalteng yang mengikuti POPNAS berjumlah total 208 orang, terdiri dari Atlet sebanyak 102 orang, 54 putra dan 48 putri, Pelatih 48 orang, 40 putra dan 8 putri, Official Prov. Kalteng sebanyak 11 orang, Official Kabupaten / Kota sebanyak 41 orang, Tim Kesehatan sebanyak 4 orang, Tim Dokumentasi dan Publikasi 2 orang.


Keikutsertaan dalam ajang POPNAS XVI di Palembang mempunyai maksud untuk memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan anak bangsa, mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat Prov. Kalteng, memotivasi dan mengoptimalkan pengembangan potensi atlet pelajar daerah di Prov. Kalteng untuk mengikuti kompetisi di tingkat Nasional. Sedangkan tujuannya antara lain memperoleh bibit atlet pelajar potensial, sebagai wahana seleksi olahraga pelajar dan suksesi prestasi atlet pelajar Kalteng. -red

Comments


bottom of page