top of page

Semangat Gotong Royong! Pemkab Katingan Siap Bantu Masyarakat Terdampak Banjir


KALTENG NETWORK, KATINGAN - Penjabat Bupati Katingan, Saiful, S.Pd., M.Si, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Pransang, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Katingan, Sumiati, serta beberapa instansi terkait, melakukan peninjauan ke lokasi terdampak banjir di Kecamatan Tewang Sengalang Garing, Kecamatan Pulan Malan, dan Kecamatan Katingan Tengah pada hari Rabu, 5 Juni 2024.


Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Katingan ini disebabkan oleh curah hujan berintensitas tinggi yang mengguyur daerah tersebut sejak Sabtu, 25 Mei 2024. Akibatnya, sungai-sungai besar di Kabupaten Katingan seperti Sungai Katingan, Sanamang, Bemban, dan Samba meluap.


Banjir tersebut mengakibatkan terendamnya pemukiman warga, fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, tempat ibadah, dan gedung perkantoran di beberapa kecamatan.


Menurut analisis cuaca, Kabupaten Katingan masih berpotensi dilanda hujan lebat disertai petir dan angin kencang, yang memungkinkan terjadinya banjir susulan atau bencana lainnya dalam beberapa hari ke depan.


Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Katingan menetapkan status tanggap darurat bencana di beberapa wilayah Kabupaten Katingan selama 14 hari ke depan agar semua upaya penanggulangan bisa dilakukan dengan cepat.


Dalam kegiatan peninjauan lokasi banjir, Pj. Bupati Katingan menyalurkan bantuan kepada masyarakat serta berdialog dan mendengarkan keluh kesah dari warga yang terdampak. Saiful mengharapkan agar seluruh masyarakat yang terdampak banjir tetap membangun kebersamaan dan kekeluargaan, karena dari situ muncul kekuatan untuk menghadapi musibah ini bersama-sama.


“Kita harus bersabar dalam menghadapi musibah ini. Saya mengharapkan pihak terkait untuk melaksanakan Puskesmas Keliling guna memantau kesehatan masyarakat, sehingga jangan sampai warga yang sudah terkena banjir kemudian terkena penyakit akibat dari musibah ini,” ujarnya.


Lebih lanjut, Saiful menyampaikan bahwa jika diperlukan, ia meminta untuk dibuatkan dapur umum guna meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir. Dapur umum ini sifatnya dari kita, oleh kita, dan untuk kita, sehingga ia meminta keterlibatan masyarakat dalam hal ini. -red



Sumber : Portal Katingan

Comments


bottom of page