top of page

Sepak Sewut, Permainan Tradisional Suku Dayak yang Wajib Dilestarikan



Kalteng Network, Palangka Raya - Sepak sawut menjadi salah satu cabang olahraga yang dilombakan pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2023. Rangkaian gelaran FBIM diselenggarakan selama 6 hari mulai sejak tanggal 22 sampai dengan 27 Mei 2023, dengan menggunakan beberapa lokasi, yaitu GOR Serba Guna, Halaman Stadion Tuah Pahoe, Aula Jayang Tingang, Dermaga Flamboyan, dan Areal Bawah Jembatan Kahayan.


Sebanyak 8 kontingen dari Kabupaten dan Kota diantaranya Murung Raya, Pulang Pisau, Barito Selatan, Kotawaringin Timur, Palangka Raya, Kapuas, Barito Utara dan Sukamara berlaga di GOR Serba Guna Jl. Tjilik Riwut Palangka Raya, Selasa (23/5/2023) malam.

Kordinator Lomba Sepak Sawut Hendro menyampaikan antusias masyarakat untuk menonton lomba sepak sawut sangat tinggi.

“Saya melihat penontonnya sangat luar biasa dari tahun lalu. Pasca pandemi COVID-19 dinyatakan berakhir, kita baru bisa melaksanakan event-event besar secara leluasa”, ucap Hendro.


Ia berpesan kepada para penonton agar tetap menjaga ketertiban dan kepada para pemain agar menjaga sportifitas. Sebagai informasi, lomba sepak sawut ini dilakukan secara berkelompok, dimana tiap kelompok berjumlah 5 orang peserta. Dalam 1 kali permainan dilakukan selama 2x10 menit.


Sepak sawut atau sepak bola api merupakan salah satu adat masyarakat suku Dayak yang dahulunya digunakan sebagai ritual adanya kematian. Tradisi ini dimaksudkan untuk mengusir roh-roh jahat dengan cara menjadikan bola api sebagai alat untuk menakut-nakuti roh jahat.


Sepak sawut menggunakan kelapa kering yang terlebih dahulu dipukul-pukul agar empuk kemudian direndam di minyak tanah beberapa menit agar mampu menghasilkan api yang besar atau tinggi. Semakin tinggi api maka semakin bagus, agar roh jahat pun menjadi lebih takut. Pemenang Lomba Sepak Sawut FBIM 2023, juara I diraih oleh Kabupaten Murung Raya, Juara II diraih oleh Kabupaten Sukamara dan Juara III diraih oleh Kabupaten Barito Selatan. -red

Comments


bottom of page