top of page

Sigap cegah Karhutla, BPBD laksanakan sosalisasi di Katimpun


Foto : MMC Palangka Raya


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA – BPBD Kota Palangka Raya bekerjasama dengan Polsek Jekan Raya lakukan sosialisasi untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan berlokasi di Kelurahan Petuk Katimpun, Kota Palangka Raya. Pihaknya mengundang semua ketua RT, termasuk anggota Masyarakat Peduli Api (MPA), Ketua LKK Petuk Katimpun, tokoh masyarakat, mahasiswa, pada Jumat (11/8/2023).


Tujuan diadakannya pertemuan ini adalah agar masyarakat peduli dengan kondisi musim kemarau yang rawan dengan Karhutla, seperti yang disampaikan oleh Lurah Petuk Katimpun, Brita Asi. Melalui sosialisasi ini pula diharapkan ketua RT bisa mengimbau warganya supaya tidak membakar hutan dan lahan, karena sangat membahayakan bagi lingkungan.


Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya pihak kelurahan untuk menekan sebaran api. DI wilayah Petuk Katimpun sendiri sudah terjadi kebakaran lahan yang sulit dipadamkan karena yang terbakar adalah lahan gambut.

Brita Asi juga mengimbau personel MPA terus melakukan patroli ke wilayah rawan Karhutla sehingga potensi lahan yang akan terbakar bisa diminimalisasi.


Heri Fauzi perwakilan BPBD Kota Palangka Raya juga menegaskan bahwa saat ini kondisi Palangka Raya sangat kering karena sudah beberapa minggu tidak turun hujan. Semua pihak diminta untuk tidak membakar lahan. -red

Comments


bottom of page