top of page

Sinergi Pemerintah Provinsi dan Daerah untuk Optimalkan Pembangunan Kalteng


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Rapat Koordinasi untuk meningkatkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan di daerah pada tahun 2024. Rapat tersebut diadakan di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur Kalteng pada Rabu (27/3/2024). Wakil Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo, menyatakan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk menyatukan pandangan dan menyelaraskan program-program yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi.


Dia juga menyoroti kenaikan anggaran di beberapa kabupaten sebagai hasil dari upaya maksimal dalam mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah.


Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, menekankan pentingnya tekad dan komitmen yang sama antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota serta sinergi yang kuat dalam membangun Kalimantan Tengah. Perlunya terus mengoptimalkan Pendapatan Asli Daerah untuk memperkuat APBD serta menggali potensi daerah untuk prioritas pembangunan seperti sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan perekonomian.


Gubernur juga menekankan perlunya percepatan penurunan angka stunting dan perkawinan usia anak, serta pembangunan infrastruktur dan objek wisata.


Selain itu, pentingnya pemanfaatan Dana Bagi Hasil - Dana Reboisasi untuk mendukung berbagai program strategis seperti peningkatan kualitas pendidikan, penanganan stunting, pembangunan jalan desa, dan lainnya. Dia juga menekankan peran penting perusahaan besar swasta dalam membawa kesejahteraan bagi masyarakat dan pembangunan daerah.


Gubernur juga meminta agar pembangunan sektor infrastruktur dan objek wisata terus didorong, serta fokus pada ketahanan pangan dan peningkatan kualitas layanan sektor kesehatan. Dia menekankan kolaborasi antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dalam menumbuhkan potensi perekonomian daerah serta pentingnya pencegahan dan pemberantasan korupsi.


Terakhir, perlu adanya peningkatan kolaborasi dalam melakukan antisipasi dan penanganan bencana, seperti karhutla dan banjir. Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua TP PKK Provinsi Kalteng, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng, staf ahli gubernur, kepala instansi vertikal, kepala perangkat daerah, bupati, penjabat bupati, penjabat wali kota, serta jajaran pemerintah kabupaten/kota se-Kalteng. -red



Sumber : mmc.kalteng

Комментарии


bottom of page