top of page

Stabilitas harga jual panen petani tambak perlu dicarikan solusi

Updated: Nov 16, 2023




KALTENG NETWORK, KUALA PEMBUANG - Kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan inginkan perhatian Pemerintah Daerah (Pemda) kepada para petani tambak yang ada di wilayah sekitar.


Hal ini disampaikan Anggota DPRD Seruyan Bejo Riyanto menurutnya, Kabupaten Seruyan ini terkenal dengan adanya sungai dan sumber daya alam lainnya, terlebih perikanannya.


"Kabupaten Seruyan terkenal dengan daerah yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) diberbagai sektor, baik itu perkebunan, pertanian terlebih hasil tangkap perikanannya," kata Bejo.


Menurut Bejo, Seruyan memiliki segala potensi kakayaan SDA yang mumpuni, maka tidak heran jika sebagian besar masyarakatnya berprofesi sebagai nelayan, baik itu nelayan sungai, laut maupun budidaya seperti halnya petani tambak.


"Petani tambak kita harus diperhatikan, seperti halnya kondisi sarana dan prasarana pendukung akses jalan yang mereka gunakan untuk mengangkut hasil panen maupun melakukan aktivitas pertambakan lainnya ke lokasi, itu harus diperhatikan," ujarnya.


Selanjutnya, Menurut Politikus Partai PAN ini selain dari pada insfratruktur pemerintah melalui dinas terkait juga harus andil dalam hal pemasaran hasil panennya. Karena tidak sedikit para petani tambak mengeluh akibat tidak stabilnya harga jual.


"Pemerintah melalui dinas terkaitnya harus mencarikan solusi terkait tidak stabilnya harga jual panen tersebut, karena sering saya dengar keluhan para petani kita khususnya di wilayah sekitaran dalam kota," pungkasnya. (Rfn)

Yorumlar


bottom of page