top of page

Subsidi Pertalite Mau Digeser ke BBM Lebih Berkualitas? BPH Migas Bilang Bisa!


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menyatakan ada wacana tentang pemberian subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan kandungan sulfur rendah seperti BBM dengan Research Octane Number (RON) 91 atau yang sejenis dengan RON 90/Pertalite. Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman, menegaskan bahwa idealnya subsidi diberikan untuk BBM yang lebih berkualitas.


"Makanya muncul wacana, termasuk dari Pertamina, untuk mengkaji perubahan dari Pertalite atau RON 91 ke atas sesuai Permen KLHK Nomor 20/2017 tentang emisi," kata Saleh saat ditemui di acara IPA Convex 2024 di ICE BSD, Tangerang, pada Selasa (14/5/2024).


BPH Migas menyambut baik wacana ini. Saleh menyatakan bahwa pemberian subsidi untuk BBM dengan RON di atas 91 adalah kebijakan yang baik. Namun, pemerintah masih perlu mempertimbangkan harga dan kesiapan infrastruktur dalam negeri. "Bioetanol terutama 5% - 7%, menurut saya itu bagus secara pribadi," jelas Saleh.


Selain wacana ini, pemerintah juga sedang merevisi Peraturan Presiden (Perpres) No. 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak. Aturan ini nantinya akan menentukan kendaraan mana saja yang berhak menggunakan BBM bersubsidi berdasarkan kriterianya.


"Aturannya masih dalam proses, mungkin nanti jika sudah keluar keputusannya. Masih dibahas antar kementerian, jadi ada beberapa kementerian terkait yang kita bahas bersama-sama termasuk dengan Kemenko," ungkap Kepala BPH Migas Erika Retnowati pada Selasa (14/5/2024). -red




Komentarze


bottom of page