top of page

Suguhkan Atraksi Lawang Sakepeng Jenaka, Sekretariat DPRD Raih Juara I Lomba Pawai Budaya


KALTENG NETWORK, KASONGAN - Penjabat Bupati Katingan, Saiful melepas peserta lomba pawai budaya di Komplek Perkantoran Kereng Humbang, di Kasongan, Kamis (18/7/2024) sore. Pawai tersebut merupakan salah satu rangkaian Festival Budaya Penyang Hinje Simpei, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Katingan ke 22.


Pawai terbagi menjadi tiga kategori lomba, yaitu untuk organisasi perangkat daerah (OPD), sekolah dan umum. Banyak atraksi-atraksi yang ditampilkan oleh masing-masing rombongan peserta pawai.


Usai PJ Bupati Katingan Saiful mengangkat bendera star, hampir setiap peserta melakukan atraksi di depan orang nomor satu di Bumi Penyang Hinje Simpei itu. Diantaranya, atraksi penanganan kecubung oleh RSUD Mas Amsyar Kasongan, pertunjukan anak PAUD dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.


Yang paling menarik perhatian, yaitu atraksi Lawang Sakepeng yang diperagakan oleh dua pegawai dari Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Katingan. Bahkan, hubungan dua orang peraga pertunjukan merupakan saudara kandung.



Bagaimana tidak, Frengky berbadan super gemooy harus beradu silat dengan Ricko kakaknya sendiri yang sedikit lebih mini bobot badannya. Mereka saling jual beli serangan dan bertahan, meski pada akhirnya Frengki terjungkal dan jatuh dengan posisi badan bagian depan menghadap ke atas. Itu terjadi di hadapan PJ Bupati Katingan Saiful dan pejabat lainnya.


Tak berhenti di situ saja, Ricko langsung memberikan serangan pamungkas akhir agar musuh tidak berkutik dengan menghujamkan kakinya ke arah perut. Serangan itu membuat Frengky tak lagi dapat melakukan perlawanan. Adegan tersebut menghipnotis ratusan warga yang menyaksikan, gelak tawa pecah semakin menyalakan suasana pawai.


Penampilan budaya Sakepeng itu menjadi salah satu nilai tertinggi yang diberikan juri, sehingga mengantarkan Sekretariat DPRD Katingan meraih juara I pawai karnaval pada nomor lomba OPD.



PJ Bupati Katingan, Saiful usai membuka kegiatan mengatakan, pawai budaya bertujuan untuk memperkenalkan budaya dengan kearifan lokal sebagai identitas dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Kabupaten Katingan khususnya.


"Kegiatan ini merupakan kebersamaan Pemerintah Kabupaten Katingan dengan masyarakat untuk meningkatkan, memelihara, menjaga dan melestarikan nilai-nilai pemajuan kebudayaan," kata Saiful.


Saiful mengucapkan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas dukung seluruh halaman, baik kepada penyelenggara kegiatan, terlebih-lebih kepada masyarakat yang telah bekerja sama dan memberikan dukungan.(rul)




Comments


bottom of page