top of page

Suhaemi, Sahli KSDM Memimpin Perayaan Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Wilayah Prov. Kalteng


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) mengadakan Upacara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 di Halaman RSUD dr. Doris Sylvanus Provinsi Kalteng pada Senin (13/11/2023). Peringatan HKN tahun 2023 ini mengusung tema "Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju".


Acara tersebut dipimpin oleh Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM), Suhaemi. Suhaemi, dalam membacakan sambutan tertulis Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan bahwa Indonesia sedang mengalami periode bonus demografi, suatu kesempatan langka dalam sejarah bangsa.


Suhaemi menyatakan, "Bangsa Indonesia harus memanfaatkan peluang ini dengan tekun untuk melewati middle-income trap, menjadi negara berpendapatan tinggi, dan mencapai visi Indonesia Emas 2045. Kesehatan dan kecerdasan masyarakat Indonesia menjadi kunci untuk meraih kejayaan tersebut."


Lebih lanjut, Suhaemi menegaskan bahwa setiap individu berhak mendapatkan pelayanan kesehatan, dan negara memiliki tanggung jawab untuk menyediakan fasilitas pelayanan yang layak sesuai amanat UUD 1945. Ia juga menambahkan bahwa pilar-pilar transformasi kesehatan perlu dibangun bersama secara serius dan berkelanjutan.


Suhaemi menyoroti Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan yang baru disahkan dan menginformasikan bahwa Pemerintah sedang menyusun Rencana Induk Bidang Kesehatan (RIBK) sebagai pedoman dalam pembangunan kesehatan di seluruh Indonesia. "RIBK harus menjadi acuan bagi Pemerintah Pusat dan Daerah dalam perencanaan, penganggaran, dan implementasi program kesehatan di wilayah masing-masing," ucapnya.


Ia juga merinci enam pilar transformasi kesehatan, termasuk layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan, dan teknologi kesehatan. Suhaemi menekankan bahwa transformasi budaya kerja dalam dunia kesehatan sama pentingnya dengan pilar-pilar tersebut. Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga, hingga lingkungan sekitar.


Upacara tersebut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Suyuti Syamsul, serta Kepala Perangkat Daerah di lingkup Provinsi Kalteng, dan Plt. Direktur RSUD dr. Doris Sylvanus, Ady Fraditha. -red

Comments


bottom of page