top of page

Tampan dan Cantik, 26 Finalis Siap Berkompetisi dalam Pemilihan JBNP Kalteng 2023



Kalteng Network, Palangka Raya - Lomba Pemilihan Jagau dan Bawi Nyai Pariwisata (JBNP) Kalimantan Tengah (Kalteng) digelar pada perhelatan Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) yang digelar pada tanggal 22 s.d 27 Mei 2023 mendatang. Lomba Pemilihan JBNP Pariwisata Kalteng diikuti sebanyak 26 finalis yang berasal dari 13 Kabupaten/Kota Se – Kalteng. Sebagai informasi, terdapat 1 Kabupaten yang tidak ikut serta yaitu dari Barito Timur. Finalis Pemilihan JBNP ini terdiri dari 13 putra dan 13 putri yang nantinya akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan JBNP Periwisata Kalteng 2023.


Rangkaian awal lomba, para finalis mengikuti masa karantina di Swissbel Hotel Palangka Raya yang dimulai pada Senin (22/5/2023). Pada hari pertama ini, para finalis yang di karantina mengikuti kegiatan seperti Sashing Ceremony atau Penyematan Selempang, menerima pembekalan dari Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Kalteng, serta mengikuti Pembukaan FBIM.


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata melalui Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Kalteng Rusita Muniarsi mengatakan, tujuan karantina ini adalah untuk menggali bakat para finalis agar menjadi para generasi yang bisa menjadi kader-kader yang tentunya berkualitas.


“Penyematan Selempang atau Sashing Ceremony adalah kegiatan awal dari rangkaian acara Pemilihan JBNP. Awalnya para finalis datang menggunakan selempang yang bertuliskan nama daerah mereka masing-masing dan akan menggunakan selempang setelah mengikuti rangkaian Sashing Ceremony JBNP yang artinya telah resmi menjadi finalis JBNP Pariwisata 2023”, jelas Rusita.


Rusita mengungkapkan, momentum ini merupakan kesempatan yang baik bagi seluruh finalis, untuk memperkenalkan diri kepada publik dan dewan juri dimana ini juga sebagai pertanda di mulainya kompetisi JBNP Kalteng 2023.

Sebagai informasi, pada hari kedua, Selasa (22/5/2023), para finalis dijadwalkan akan mengikuti Upacara HUT Kalteng ke-66 Tahun, selanjutnya mengikuti Pembekalan dan Interview. Pada Rabu (23/5/2023), para finalis akan mengunjungi UPT Museum, Tugu Soekarno, Dekranasda, UPT Taman Budaya. Sementara, pada Kamis (24/5/2023), para finalis akan mengikuti Forum Group Discussion (FGD) dan Malam Unjuk Bakat. Pada Jumat (26/5/2023), para finalis JBNP akan mengikuti Malam Penobatan.


”Harapan saya dengan adanya pemilihan JBNP ini kami akan banyak mendapatkan Putra Putri yang berbakat dan mereka akan menjadi duta – duta yang akan kami kirimkan nanti tingkat Nasional”, tutup Rusita. -red

Comments


bottom of page