top of page

Tidak Percaya dengan Konsep Makanan Terjatuh Selama 5 Menit, Bagaimana dengan Aturan 5 Detik?



KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Bagaimana kamu merespon ketika makananmu tiba-tiba terjatuh ke lantai? Apakah kamu segera membuangnya ataukah masih memberi makanan tersebut kesempatan selama lima detik? Seringkali, kita cenderung memberi makanan tersebut "kesempatan" selama lima detik dan menganggapnya aman untuk dimakan.


Kita sering bertanya, apa yang bisa terjadi dalam lima detik? Tidak mungkin ada yang buruk terjadi dalam waktu singkat seperti itu, bukan? Jadi, mengapa membuang makanan secara percuma?


Namun, menurut penelitian yang dilakukan oleh Donald Schaffner, seorang profesor ilmu pangan pada tahun 2016, fakta sebenarnya adalah bahwa bakteri dapat menginfeksi makanan Anda dalam waktu lima detik. Lebih lama makanan dibiarkan bersentuhan dengan lantai, semakin besar risiko penyebaran bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Anda.


Tetapi, risiko ini tidak selalu berarti makanan yang terjatuh selama lima detik akan membuat Anda sakit. Menurut Schaffner, faktor lain seperti kebersihan tempat jatuhnya makanan dan kondisi lantai juga berperan penting dalam menentukan sejauh mana kontaminasi bisa terjadi.


Sebaliknya, spesialis keamanan pangan, Nicole Arnold, tidak mau mengambil risiko apa pun. Dia berpendapat bahwa tingkat kenyamanan setiap orang berbeda, tetapi dia sendiri tidak akan mengonsumsi makanan yang terjatuh, bahkan jika hanya beberapa detik.


Intinya, keputusan untuk memakan makanan yang terjatuh tergantung pada preferensi masing-masing individu. Namun, penting untuk mempertimbangkan kondisi tempat jatuhnya makanan dan kebersihan sekitarnya, terutama jika Anda berada di luar rumah. Jadi, bagaimana pendapat Anda tentang hal ini ?. -red

Comments


bottom of page