top of page

Tingkatkan budidaya ikan, Dinas Perikanan Kota Palangka Raya gelar pelatihan


Foto : MMC Palangka Raya


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA – Dinas Perikanan sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kota Palangka Raya melaksanakn pelatihan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) bagi Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) berlokasi Aula Balai Guru Penggerak, Kota Palangka Raya, pada Selasa (29/8/2023) yang lalu.


Indriarti Ritadewi selaku Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya menyampaikan bahwa usaha budidaya perikanan di Kota Palangka Raya sangat menjanjikan karena didukung oleh ekologi sumberdaya alamnya. Akan tetapi sangat disayangkan, perkembangan usaha budidaya ikan di Kota Palangka Raya masih belum maksimal karena keterampilan yang belum mencukupi serta penerapan inovasi teknologi dari para pembudidaya yang masih minim.


“Oleh sebab itu, melalui pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan, ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi para pembudidaya tentang cara budidaya ikan yang baik, sehingga kita juga mampu mengekspor ikan-ikan lokal kita keluar,” ucap Indri dalam sambutannya.


Dirinya berharap para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan ini dengan penuh kesungguhan sehingga materi yang diberikan dapat terserap dengan baik dan dapat dipraktekkan dalam lingkup usaha budidayanya sehingga dapat meningkatkan perekonomian pembudidaya dan mampu bersaing dengan provinsi-provinsi lainnya terutama dalam hal ekspor ikan-ikan lokal.


Terdapat 60 orang peserta pada pelatihan ini dari latar belakang pembudidaya ikan dan penyuluh perikanan di Kota Palangka Raya. Sementara untuk narasumber pelatihan tersebut yaitu Kepala Bidang Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah serta Dosen Universitas Kristen Palangka Raya.

Comments


bottom of page