top of page

Turunkan Stunting, Katingan Wujudkan Generasi Sehat dan Berkualitas


KALTENG NETWORK, KATINGAN - Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Katingan, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Katingan, mengadakan pertemuan triwulan kedua TPPS dan peluncuran intervensi serentak pencegahan stunting di Aula Bappedalitbang Lt.II Kasongan pada Kamis (13/06/2024).


Kegiatan ini diadakan secara daring dan luring dengan peserta dari TPPS Kabupaten dan Kecamatan se-Katingan, perwakilan BKKBN, Organisasi Perangkat Daerah terkait, serta undangan lainnya. Pertemuan ini menunjukkan komitmen kuat pemerintah dan berbagai pihak dalam menangani masalah stunting yang masih menjadi tantangan serius di Indonesia.


Stunting, kondisi di mana anak mengalami pertumbuhan terhambat akibat kurang gizi kronis, berdampak pada perkembangan fisik dan kognitif anak. Oleh karena itu, intervensi yang efektif dan terkoordinasi sangat penting.


Penjabat Bupati Katingan, Saiful, mengikuti kegiatan ini secara daring karena sedang berada di luar kota Kasongan. Dalam sambutannya saat membuka pertemuan, beliau menyampaikan bahwa stunting sangat berbahaya bagi kelangsungan generasi mendatang. "Stunting bukan hanya masalah kesehatan, tetapi juga masalah sosial dan ekonomi. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dari berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah ini," ujarnya.


Dengan peluncuran intervensi serentak ini, diharapkan angka stunting di Indonesia, khususnya di Kabupaten Katingan, dapat menurun secara signifikan. Pemerintah bersama TPPS berkomitmen untuk terus memantau dan mengevaluasi efektivitas program yang dilaksanakan, serta melakukan penyesuaian yang diperlukan agar upaya pencegahan stunting dapat berjalan optimal.


Dalam acara peluncuran ini, Pemerintah bersama TPPS dan tamu undangan lainnya menandatangani komitmen bersama untuk melaksanakan intervensi serentak dalam upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Katingan.


Acara ini diakhiri dengan peninjauan pelaksanaan posyandu secara simbolis yang menandai dimulainya intervensi serentak penurunan stunting di Kabupaten Katingan. Dengan kerjasama yang kuat dan program yang terkoordinasi, diharapkan Kabupaten Katingan dapat mencapai target penurunan stunting dan memastikan masa depan yang lebih sehat dan produktif bagi generasi mendatang. -red



Sumber : portal katingan

Comments


bottom of page