top of page

Udang Vaname Kalteng Tembus Ekspor, Hasil Kegigihan Petani dan Dukungan Pemerintah


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Menindaklanjuti arahan Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran, untuk memperluas pasar udang vaname Shrimp Estate Berkah di Desa Sungai Raja, Kabupaten Sukamara agar berorientasi ekspor, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng, H. Darliansjah, melakukan kunjungan penjajakan kemitraan usaha ke sejumlah perusahaan ekspor di Jakarta pada Senin, 3 Juni 2024. Kunjungan ini dilakukan mengingat Shrimp Estate Berkah telah memasuki siklus panen parsial dan akan segera melaksanakan panen total.


Darliansjah menyatakan bahwa kunjungan tersebut dilakukan ke PT. Perikanan Indonesia, PT. First Marine Seafood, PT. Wirontono Baru, dan PT. Jaya Sakti di Jakarta. Dalam kunjungan tersebut, Darliansjah yang didampingi oleh Plt. Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalteng, Rangga Lesmana, Direktur BLUD Shrimp Estate Berkah, David Hariyanto, dan Manager Farm Shrimp Estate Berkah, Wahyu Marta Lukyanto, disambut dengan hangat oleh pihak manajemen perusahaan.


"Setelah pembahasan pada pertemuan ini, secara umum dan teknis tidak ada kendala dalam memasarkan produk udang vaname dari Shrimp Estate Berkah di empat perusahaan tersebut, dan keempat perusahaan siap bermitra dengan prinsip win-win," ungkap Darliansjah.


Lebih lanjut, Darliansjah menambahkan bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan komunikasi lanjutan dan pertemuan untuk penandatanganan kontrak kemitraan pemasaran udang vaname dari Shrimp Estate Berkah ke empat perusahaan tersebut.


"Terima kasih kepada Gubernur Kalteng, Bapak H. Sugianto Sabran, yang selalu memberikan arahan agar produksi udang vaname dari Shrimp Estate dapat bersaing secara global, serta terima kasih atas dukungan Plt. Kepala Disdagperin terkait pasar ekspor. Saya terus mendorong dan memfasilitasi BLUD Shrimp Estate Berkah untuk membangun kemitraan pemasaran udang vaname ke pasar antar pulau hingga ekspor, sambil tetap memperhatikan kebutuhan pasar lokal. Agar dapat bersaing di pasar global, kami mendampingi BLUD agar memiliki keunggulan kompetitif," tambah Darliansjah.


Menanggapi hal ini, Plt. Kepala Disdagperin Provinsi Kalteng, Rangga Lesmana, menyatakan siap mendukung pemasaran udang vaname dari Shrimp Estate Berkah.


"Kami siap mendukung dan memfasilitasi pasar ekspor udang vaname ini, antara lain melalui keikutsertaan dalam event expo, penyiapan dokumen-dokumen ekspor, fasilitasi pembeli, dan hal lainnya untuk mendukung pangsa pasar udang vaname dalam kegiatan ekspor," pungkas Rangga. -red



Sumber : mmc.kalteng

Kommentit


bottom of page