top of page

Umbut Rotan : Bahan Makanan Khas Dayak yang Ternyata Kaya Gizi


(Sumber Gambar : @rahungnasutio)

Kalteng Network - Pembaca cerdas, sebagian dari kamu mungkin mengetahui rotan hanya sebagai bahan baku perabot atau furnitur seperti kursi, meja, dan lemari. Tapi ternyata, Umbut Rotan (tunas rotan yang masih muda) bisa dikonsumsi dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi.


Singkah irit merupakan sebutan masyarakat Dayak Ngaju untuk Umbut Rotan sedangkan dalam bahasa Dayak Maanyan dikenal dengan uwut nang’e.

Cita rasa yang unik dari umbut rotan ini yaitu gurih, asam dan cenderung pahit. Berbeda dari tekstur rotan yang tua, yaitu keras. Umbut Rotan memiliki tekstur lembut seperti rebung karena Umbut Rotan memang diambil dari tunas muda tumbuhan rotan.


Lalu, apa aja sih gizi yang terkandung dalam Umbut Rotan ini? Yuk simak selengkapnya!

Berdasarkan data Kemenkes RI (TKPI), setiap 100 gram umbut rotan mengandung 0,20 mg tembaga, 0,20 mg tiamina, 2,2 gram serat, 1,9 mg Zinc, 90,5 gram air dan 552,0 mg kalium.

Mengkonsumsi Umbut rotan secara teratur sesuai AKG (Angka Kecukupan Gizi) atau sesuai kebutuhan gizi per hari dari Kemenkes RI, bermanfaat untuk kesehatan seperti berikut ini :


1. Manfaat dari Tingginya Kandungan Tembaga dan Tiamina

Menurunkan resiko terjadinya penyakit sistem kardiovaskular, memberikan manfaat neurologis, mendukung fungsi kognitif (kemampuan berpikir), dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


2. Manfaat dari Tingginya Kandungan Air, Kalium dan Tembaga

Mencegah terjadinya hipertensi, meningkatkan kesehatan jantung, menjaga kesehatan gigi, dan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.


3. Manfaat dari Tingginya Kandungan Serat

Menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah, memperkuat kelancaran sistem pencernaan dan mengurangi resiko kanker, terutama kanker usus besar


4. Manfaat dari Tingginya Kandungan Serat dan Zinc

Menjaga kestabilan gula darah, meminimalkan resiko rambut rontok, membantu tetap fokus (kemampuan konsentrasi/fokus), dan bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Selain kaya akan gizi dan khasiat baik bagi tubuh, makanan satu ini telah menjadi kuliner tradisional khas Kalimantan Tengah dan saat ini banyak warung makan khas Kalimantan tengah yang menyediakan menu Umbut Rotan.



(Sumber Gambar : https://cookpad.com/id/resep/9187454-juhu-singkah-umbut-rotan)


Masakan Umbut Rotan ini dinamakan Juhu Singkah. Dalam Bahasa Dayak Ngaju, Juhu artinya makanan yang berkuah.


Nah pembaca cerdas, bagi kamu yang akan berkunjung ke Kalimantan Tengah wajib banget nih cobain makanan khas yang satu ini.-red

Comments


bottom of page