top of page

Wagub Edy Pratowo cek calon lokasi food estate bareng Mentan


Foto : MMC Kalteng


KALTENG NETWORK, KUALA KURUN - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sedang berkunjung untuk meninjau calon lokasi food estate singkong yang berada di Desa Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas, Kalteng. Tinjauannya ditemani oleh bersama Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo, pada Selasa (22/8/2023) yang. Calon lokasi food estate singkong tersebut memiliki luas 721 hektar, yang terdiri dari Area Penggunaan Lain (APL) 610 hektar dan Hutan Produksi Konversi (HPK) 111 hektar. Sang menteri meng-asese lokasi food estate yang dimaksud. "Harapannya ada 1.000 hektar lahan, tetapi sebagai tahap awal bisa dengan yang ada sekarang ini," ucapnya singkat.


Wakil gubernur juga menyampaikan bahwa kunjungan Mentan ke Kabupaten Gunung Mas ini dalam rangka alternatif ketahanan pangan di wilayah setempat. "Ini salah satu bagian dari food estate, kita lihat apakah itu nantinya dalam bentuk tanaman singkong atau jagung, di luar dari lokasi yang sudah ada," ucapnya. Dirinya juga menyampaikan bahwa Desa Dahian Tambuk memiliki alternatif lain untuk tanaman food estate selain kacang-kacangan.


Dilansir dari MMC Kalteng, Kepala Desa Dahian Tambuk Pendi menyambut baik adanya lokasi food estate di desanya karena dapat menjadi mata pencaharian masyarakat desa. “Biasanya para petani berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Namun dengan adanya lokasi food estate ini, maka mereka bisa fokus di satu tempat untuk berkebun singkong,” ucap Pendi.


Turut hadir mendampingi Mentan, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Kasdi Subagyono, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian Ali Jamil, Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian Suwandi, Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alam Syah, Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto, Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian Fadjry Djufry, dan Staf Khusus Mentan.


Hadir pula Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Richard, Kapolda Kalteng Irjel Pol Nanang Avianto, Danrem 102/PJG Brigjen TNI Bayu Permana, dan Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Sunarti. -red


Comments


bottom of page