top of page

Wagub Edy Pratowo Mendampingi Menteri LHK, Kepala BRGM, dan Delegasi Amerika Serikat Dalam Kunjungan Kerja ke Kalimantan Tengah


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo mendampingi kunjungan kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia (RI) Siti Nurbaya Bakar dan Kepala Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) RI Hartono ke Desa Tuwung pada Rabu (24/1/2024).


Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar, selama kunjungan kerjanya, menyampaikan tujuan kunjungan bersama delegasi Dinas Kehutanan Amerika Serikat (US Forestry Service) untuk membuktikan dan melihat langsung upaya Kabupaten Pulang Pisau dalam mengatasi kebakaran hutan. Menurutnya, Kabupaten Pulang Pisau telah berhasil menangani masalah kebakaran hutan, terutama pada tahun 2015 ketika kabut asap parah melanda beberapa wilayah di Indonesia.


"Saya berterima kasih sudah dikunjungi oleh tim Amerika Serikat untuk melihat betapa serius kita mengatasi kesulitan dan berhasil. Saya yakin ini pasti karena Pemerintah Daerah dan masyarakatnya," tambah Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar.


Menanggapi hal ini, Wakil Gubernur H. Edy Pratowo membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng, menyampaikan bahwa hampir 50% lokasi di areal pengelolaan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Tuwung dulunya merupakan lahan bekas kebakaran hutan. Saat ini, lahan tersebut telah dikembangkan untuk kegiatan Agroforestri oleh KUPS Desa Tuwung dengan pendampingan dari Kementerian LHK RI dan UPT KPHP Kahayan Tengah.


Wakil Gubernur berharap persetujuan pengelolaan Hutan Desa dapat diperluas di seluruh Provinsi Kalteng, yang memiliki kawasan hutan seluas 11,9 juta hektare. Hal ini diharapkan dapat mengoptimalkan pengelolaan sumber daya hutan untuk kesejahteraan masyarakat. Selain itu, dengan Kalteng menjadi tetangga terdekat IKN, pelestarian hutan gambut dan fauna diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar, termasuk sebagai sumber pendapatan yang menjanjikan.


Upaya bersama antara Pemerintah Kalimantan Tengah dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam mengatasi masalah kebakaran hutan di Kabupaten Pulang Pisau. Kunjungan Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar bersama tim Amerika Serikat menunjukkan apresiasi terhadap seriusnya penanganan kesulitan tersebut.


Wakil Gubernur Edy Pratowo menyampaikan harapannya agar pengelolaan hutan desa dapat diperluas di seluruh Provinsi Kalteng untuk optimalisasi sumber daya hutan dan kesejahteraan masyarakat. Keseluruhan dari kunjungan ini, Indonesia mencerminkan kerjasama dalam menjaga lingkungan dan sumber daya alam. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page