top of page

Wagub Edy Pratowo Resmikan Pekan Pertanian dan Perikanan Unggulan XIII Tingkat Provinsi Kalteng 2023


( Foto : mmc.kalteng)


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Edy Pratowo, resmi membuka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan XIII tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023. Acara ini diselenggarakan di Taman Permata Sukamara Desa Natai Sedawak, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara pada Senin (20/11/2023). Tema yang diusung oleh Pekan Daerah ke-13 ini adalah "Memantapkan Potensi Komoditas Unggulan Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Kalteng Makin BERKAH."


Dalam sambutannya, Wagub Edy Pratowo menyampaikan bahwa Pekan Daerah, yang dilaksanakan sejak tahun 1983, bertujuan untuk konsolidasi, pengembangan diri, pertukaran informasi, apresiasi, kemitraan, dan promosi hasil pertanian, perikanan-kelautan, dan kehutanan.


Acara ini diharapkan dapat meningkatkan semangat, tanggung jawab, serta kemandirian para pelaku utama pembangunan sektor pertanian, perikanan, perkebunan, dan kehutanan.


Wagub berharap kehadiran tokoh-tokoh petani, nelayan, kontak tani-nelayan, dan penyuluh pertanian dapat memberikan motivasi dan inspirasi kepada pelaku pertanian lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam mengoptimalkan sumber daya alam di daerah masing-masing, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan demi perbaikan mutu produksi dan peningkatan pendapatan keluarga petani-nelayan.


Wagub menyampaikan apresiasi atas keberhasilan sektor pertanian di Kalimantan Tengah, yang tercermin dalam kendali inflasi yang rendah, dukungan terhadap program Nasional Food Estate, dan peningkatan Nilai Tukar Petani. Ia juga menekankan momen politik penting hingga tahun 2024, seperti Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak.


Dalam hal ini, Wagub menyoroti pentingnya peran Bupati/Wali Kota, kerja sama antar stakeholders, menjaga netralitas ASN, dan memberdayakan masyarakat melalui program inovatif.


Pj. Bupati Sukamara, Kaspinor, menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Kalteng atas dukungan dalam menggerakan ekonomi Kabupaten Sukamara melalui program pertanian terintegrasi dan infrastruktur. Ia berharap Kabupaten Sukamara dapat terus maju dan setara dengan daerah lain di Kalimantan Tengah.


Dalam acara tersebut, dilakukan penyerahan bantuan simbolis dari Dinas TPHP Provinsi Kalteng kepada kabupaten wilayah Tengah, Timur, dan Barat, mencakup bantuan senilai 8,9 miliar untuk TPHP, 6,2 miliar untuk tanaman pangan, hortikultura, dan alat mesin pertanian, serta 1,9 miliar untuk tanaman pangan, alat mesin, dan peternakan.


Selain itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalteng memberikan bantuan fasilitasi Premi Asuransi bagi Pelaku Usaha Perikanan (KUSUKA) senilai 2,6 miliar, Dinas Perkebunan memberikan bibit kakao, dan Dinas Kehutanan menyerahkan tiga kendaraan bermotor untuk penyuluh kehutanan sebesar 1,9 miliar. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua Umum KTNA Nasional H.M. Yadi Sofyan Noor dan Pj. Bupati Sukamara Kaspinor beserta Forkopimda Kabupaten setempat. -red



Sumber : mmc.kalteng


Comentarios


bottom of page