top of page

Wagub Edy Pratowo Terima Laporan Hasil Ujian Kinerja Semester II Tahun 2022, Dengan Tujuan Khusus.


PALANGKA RAYA -Kalteng Network- Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Prov. Kalteng, M. Ali Asyhar, menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan Kinerja dan Tujuan Khusus (LHP) Semester II Tahun 2022 kepada Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H. Edy Pratowo dan Wakil Ketua I DPRD Prov. Kalimantan Tengah Abdul Razak.


Menurut penuturan Wagub, akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab kinerja pemerintah. Pengelolaan keuangan negara berperan dalam pemenuhan amanat rakyat oleh pemerintah, mencerminkan prinsip demokrasi, dan berfungsi sebagai pengawas integritas pemerintah dalam upaya mendukung pertumbuhan ekonomi. “Laporan detail hasil pemeriksaan akan kami kirimkan ke Pemprov Kalteng hari ini. Apapun hasil pemeriksaan itu, kami harus menerimanya sebagai representasi atau cerminan dari capaian kinerja yang telah kami buat” ujarnya.


Wagub berharap, temuan inspeksi dapat diterapkan untuk evaluasi diri ke depan untuk meningkatkan pencapaian kinerja yang masih membutuhkan perbaikan. Perwakilan BPK RI Provinsi Kalteng, lanjutnya, “akan berperan dalam membangun dan meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan Pemerintah Daerah Provinsi Kalteng, dengan pengawasan dari BPK RI melalui penerapan nilai-nilai integritas, kemandirian, dan profesionalisme."



LHP bermaksud untuk mengatur faktor ekonomi, efisiensi, dan efektivitas serta karakteristik kinerja lainnya untuk membuat rekomendasi yang dapat menghasilkan perbaikan, menurut Kepala BPK RI Perwakilan Prov. Kalteng M. Ali Asyhar, yang berbicara pada acara yang sama. Pemeriksaan DTT, baik berupa pemeriksaan review maupun teknik yang disetujui, mencoba memberikan kesimpulan atas suatu hal yang dinilai.


Untuk menjawab persoalan-persoalan yang relevan dan aktual sejalan dengan perkembangan pengelolaan keuangan negara atau pengelolaan keuangan daerah serta persoalan-persoalan yang sebelumnya menjadi perhatian masyarakat, katanya, Kalteng berupaya melaksanakan tugas pemeriksaan sesuai dengan amanat rencana Strategis BPK.


Adapun terkait LHP DTT Semester II Tahun 2022, Wakil Ketua I DPRD, Abdul Razak berjanji pihaknya akan segera mengusut secara tepat dan tuntas. “Nanti pembahasan mengenai DPRD akan dilakukan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan. Untuk menindaklanjuti hasil pemeriksaan LHP DTT Semester II Tahun 2022, kami harapkan Perwakilan BPK RI Provinsi Kalteng dapat memberikan masukan informasi dan penjelasan" katanya.


Turut Serta hadir, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, Wakil Bupati Katingan Sunardi, Plt. Direktur Utama Bank Kalteng A. Selanorwanda, serta undangan lainnya.

コメント


bottom of page