top of page

Wagub Edy Pratowo Tutup Rangkaian Kunjungan Kerja Dengan Berikan Bantuan Sembako untuk Meringankan Dampak Banjir


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo melakukan kunjungan dan pembukaan Pasar Penyeimbang/Pasar Murah di Kantor Camat Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur, pada Jumat (2/2/2024). Sebelumnya, Wagub beserta rombongan juga telah membuka pasar serupa di Kabupaten Murung Raya dan Barito Utara serta menyalurkan bantuan melalui jalur sungai.


Dalam sambutannya, Wagub Edy Pratowo menyampaikan maksud kunjungannya untuk bersilaturahmi dengan masyarakat DAS Barito yang baru saja mengalami banjir besar. Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan di 13 kabupaten dan 1 kota se-Kalteng, termasuk pemberian bantuan di beberapa wilayah yang terdampak banjir.


Wagub berharap kehadiran Pemprov Kalteng dapat memberikan semangat kepada masyarakat DAS Barito untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari. Menyikapi Pemilu 2024 yang mendekat, Wagub memberikan pesan agar pemilu berjalan dengan baik, aman, dan kondusif.


Wagub juga mengungkapkan rencana Pemprov Kalteng untuk meluncurkan program pembangunan di berbagai kabupaten/kota, termasuk alokasi anggaran untuk pembangunan listrik PLTS bagi 20.900 rumah tangga sasaran di Kalimantan Tengah, termasuk Barito Timur.


Setelah membuka Pasar Penyeimbang di Barito Timur, Wagub melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Barito Selatan untuk melakukan hal serupa di Kecamatan Dusun Selatan. Di sana, Wagub menyatakan dukungan Pemprov Kalteng dalam mengatasi dampak banjir dan menyalurkan bantuan sembako.

Paket sembako senilai 150 ribu rupiah, disubsidi Pemprov Kalteng sebesar 130 ribu rupiah, diberikan kepada masyarakat dengan harga 20 ribu rupiah. Gubernur Kalteng juga memberikan subsidi pribadi 20 ribu rupiah per paket sehingga paket sembako menjadi gratis.


Pj Bupati Barito Timur, Indra Gunawan, menyampaikan terima kasih kepada Pemprov Kalteng atas kegiatan Pasar Penyeimbang yang telah dilaksanakan di wilayahnya. Ia berharap kegiatan ini dapat meringankan beban masyarakat setempat yang terdampak banjir.


Sekda Kabupaten Barito Selatan, Edy Purwanto, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kegiatan serupa di wilayahnya. Ia berharap Pasar Penyeimbang dapat membantu masyarakat menghadapi inflasi dan dampak pasca banjir. Wagub mengungkapkan bahwa kehadiran Pemprov Kalteng di wilayah DAS Barito ini untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Tim dari Pemprov Kalteng juga melakukan pemantauan terhadap kenaikan harga bahan pokok pasca banjir.


Paket sembako yang disediakan berisi beras 5 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter, sarden 1 kaleng, dan kopi 1 bungkus. Wagub menekankan bahwa kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan dan mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. -red



Sumber : mmc kalteng

Commentaires


bottom of page