top of page

Wagub Kalteng Beri Penghargaan Zero Accident, Dorong Budaya K3 Unggul


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, H Edy Pratowo, memberikan Penghargaan Zero Accident dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2024 di Hotel M Bahalap, Palangka Raya, pada Selasa (16/7/2024).


Dalam sambutannya, Wakil Gubernur menekankan bahwa pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya memerlukan regulasi yang baik, tetapi juga peningkatan pemahaman dan kesadaran semua pihak terhadap penerapan norma ketenagakerjaan.


"Salah satu kunci penting dalam membangun ekosistem ketenagakerjaan yang unggul adalah dengan menciptakan budaya K3 yang baik. Dengan budaya K3 yang unggul, angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat ditekan, yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan produktivitas kerja," ujarnya.


Wakil Gubernur juga menjelaskan bahwa pemberian penghargaan Zero Accident oleh Gubernur Kalimantan Tengah kepada perusahaan-perusahaan di Kalteng merupakan bentuk apresiasi dan motivasi bagi manajemen perusahaan yang telah menerapkan K3.


"Saya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berperan aktif dalam mengembangkan, mempromosikan, serta membudayakan K3 di lingkungan kerja masing-masing," tambahnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng, Farid Wajdi, melaporkan bahwa ada 54 perusahaan yang menerima penghargaan Zero Accident dan 20 perusahaan yang menerima penghargaan pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.


"Kami berharap semua perusahaan di Kalimantan Tengah menyadari pentingnya budaya K3 yang baik, yang dapat meningkatkan kualitas hidup, indeks pembangunan manusia, serta mendukung pembangunan nasional dan daya saing global," tutupnya.


Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, Rizky Badjuri; Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Palangka Raya, Huzaifah; Pimpinan Manajemen Perusahaan di Wilayah Kalteng; serta perwakilan dari Kepala BPJS Kesehatan dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Kalteng. -red



Foto: mmc.kalteng

Comments


bottom of page