top of page

Wagub Kalteng Dorong Prioritaskan Program Pembangunan RPJPD dan RKPD 2025


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, H. Edy Pratowo, menghadiri acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJPD) Tahun 2025-2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025 yang merupakan kelanjutan dari acara sebelumnya.


Acara tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengkaji dan menyelaraskan usulan program dan kegiatan prioritas tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota untuk tahun 2025. Wagub meminta kepada para kepala daerah di Kalimantan Tengah untuk memperhatikan beberapa hal penting dalam menyusun usulan tersebut.


Pertama, Wagub menekankan pentingnya menentukan program prioritas di setiap daerah baik untuk tahun 2025 maupun untuk periode hingga tahun 2045. Kedua, Wagub mengingatkan akan pentingnya menyampaikan secara detail kegiatan strategis yang akan diusulkan oleh masing-masing kabupaten/kota, dengan menyertakan data dukung berupa foto dan gambar rencana serta kondisi yang mendukung usulan tersebut.


Selanjutnya, Wagub menegaskan bahwa kegiatan yang diusulkan harus memiliki dampak yang signifikan bagi kabupaten, provinsi, maupun secara nasional. Keempat, Wagub menyampaikan bahwa materi usulan sebaiknya telah dimasukkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD), namun jika terdapat usulan tambahan diluar dari yang ada di SIPD, hal tersebut perlu dicatat.


Terakhir, Wagub menekankan bahwa setiap paparan dari masing-masing kabupaten/kota akan mendapatkan tanggapan dan jawaban dari perangkat daerah provinsi, sebagai langkah penajaman dalam menyusun Rencana Kerja (Renja) Tahun 2025. Acara tersebut dihadiri oleh Bupati, Pelaksana Tugas (Pj) Bupati, dan Pj Wali Kota dari seluruh Kalimantan Tengah, serta para asisten dan staf ahli gubernur, serta kepala instansi vertikal. -red




Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page