top of page

Gebrakan Kerjasama untuk Masa Depan: Wagub Kalteng Kunjungi ITS Surabaya


KALTENG NETWORK, PALANGKA RAYA - Dalam upaya menjalin kerja sama dan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah H Edy Pratowo mengunjungi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada Kamis (22/2/2024). Kedatangan Wagub disambut oleh Pelaksana Harian Rektor ITS, Bambang Pramujati, di Ruang Sidang Senat, Gedung Rektorat lantai 2 ITS.


Wagub menyampaikan bahwa Kalimantan Tengah, sebagai Provinsi terluas di Indonesia, memiliki sumber daya alam yang melimpah, seperti tambang, kehutanan, perkebunan, pertanian, hingga perikanan dan kelautan. Dia juga menekankan bahwa Kalimantan Tengah menjadi Provinsi pertama yang dipilih sebagai lokasi pengembangan kawasan Lumbung Pangan Nasional Food Estate.


Proyek strategis Nasional Food Estate tersebut, kata Wagub, mengusung konsep pertanian modern terintegrasi dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, mencakup pertanian, perkebunan, dan peternakan pada suatu kawasan.


Wagub menjelaskan bahwa untuk mengelola sumber daya alam secara optimal dan berkelanjutan, dibutuhkan kualitas sumber daya manusia unggul dan dukungan riset teknologi. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ingin bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, yang diakui sebagai salah satu perguruan tinggi sains dan teknologi terbaik di Indonesia.


Kerja sama tersebut diharapkan dapat memberikan dorongan terhadap penelitian dan pengembangan potensi sumber daya yang dimiliki Kalimantan Tengah. Ini juga dianggap sebagai langkah strategis untuk mendukung program pembangunan di berbagai sektor, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.


Plh Rektor ITS, Bambang Pramujati, menyambut baik kerja sama antara Pemprov Kalimantan Tengah dan ITS. Dia menyatakan keyakinannya bahwa kerja sama ini akan berjalan dengan baik ke depannya.


Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah, Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, serta Kepala Perangkat Daerah Lingkup Provinsi Kalimantan Tengah. Di pihak ITS, hadir Sekretaris ITS, Direktur Kerjasama dan Pengelolaan Usaha, serta Manajer Senior Pengelolaan Kerjasama.


Kerja sama antara pemerintah daerah dengan institusi pendidikan tinggi sangatlah penting dalam upaya pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan potensi daerah. Sinergi antara sektor publik dan pendidikan tinggi dapat menghasilkan inovasi dan solusi untuk pembangunan yang berkelanjutan. -red



Sumber : mmc.kalteng

Comments


bottom of page